ADVERTISEMENT

Sabtu, 25 Jun 2022 21:00 WIB

Awas! Air Mani yang Berubah Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Tak Sehat

Dharmajati Yusuf Fadli - detikHealth
Duh! Pria Ini Dipenjara Karena Ketahuan Menaruh Air Mani di Makanan Wanita Foto: Juice Online/iStock
Jakarta -

Air mani yang sehat dapat dipengaruhi oleh gen, gaya hidup, dan kondisi kesehatan pria secara keseluruhan. Air mani terdiri dari berbagai mineral, protein, hormon, dan enzim. Semua zat itu berkontribusi dalam memengaruhi warna dan tekstur air mani.

Zat air mani yang utama berasal dari vesikula seminalis, kelenjar tersebut terletak di belakang kandung kemih. Selain itu, kelenjar prostat juga ikut andil dalam pembentukan air mani.

Mengutip dari laman Healthline, air mani yang sehat biasanya kental. Terdapat beberapa indikasi bahwa air mani pria tidak sehat, di antaranya yaitu air mani mengalami perubahan tekstur, dan juga mengalami perubahan warna.

Berikut adalah sejumlah penyebab air mani mengalami perubahan tekstur, yaitu:

  • Durasi ejakulasi yang terakhir dilakukan
  • Konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol
  • Pola diet

Pada umumnya perubahan tekstur air mani mengalami dua perubahan, yaitu air mani kental dan air mani encer.

Air Mani Terlalu Kental

Gejala-gejala ini, bersama dengan air mani yang menebal, bisa menjadi indikasi dehidrasi parah, ketidakseimbangan hormon, atau infeksi. Air mani yang mengental juga bisa disebabkan oleh peradangan prostat.

Air mani yang sangat kental dapat menyebabkan kemandulan, hal itu karena mencegah sperma bergerak secara efektif menuju sel telur.

Air Mani Encer

Air mani encer mungkin merupakan gejala kekurangan vitamin atau infertilitas. Pada kondisi ini, air mani terlihat lebih jernih dari biasanya, yang menunjukkan bahwa air mani mengandung jumlah sperma yang sangat sedikit.

Sebaiknya menghubungi dokter apabila Anda mengalami rasa sakit, ketidaknyamanan, atau kelelahan seiring dengan perubahan tekstur air mani yang Anda alami. Termasuk ketika terdapat gejala kesulitan atau ketidakmampuan untuk buang air kecil, berat atau bengkak di sekitar area organ vital, dan iritasi pada penis atau skrotum.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya