ADVERTISEMENT

Senin, 27 Jun 2022 05:00 WIB

Awas, Mr P Ogah Berdiri di Pagi Hari Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov
Jakarta -

Morning Wood merupakan istilah slang yang biasa mengacu pada penis ereksi saat bangun di pagi hari. Istilah medisnya adalah Nocturnal Penile Tumescence (NPT) atau tumor penis nokturnal.

Hal ini bisa terjadi bukan karena mimpi atau memikirkan hal yang berbau seks, tetapi merupakan fungsi normal dari sistem reproduksi pria. Bahkan faktanya, NPT secara teratur mengindikasikan seseorang dalam keadaan sehat. Namun, bagaimana jika tidak mengalami?

Konsultan andrologi-urologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia, dr Widi Atmoko SpU(K), menjelaskan bahwa hal itu bisa saja terjadi apabila seseorang mengalami stres yang berat, tidur yang tidak nyenyak, ataupun kecapean.

Akan tetapi, jika seseorang didiagnosis tidak mengidap gangguan psikogenik ataupun masalah kesehatan lainnya, begitu juga tidak mengalami ereksi di pagi hari, dr Widi menyebut bisa saja ia mengalami gangguan disfungsi ereksi.

"Ereksi pagi hari menjadi salah satu informasi yang mudah kita dapatkan, tinggal kita tanyakan pada pasien pria masih ada nggak ereksi di pagi hari. Tapi memang jangan saklek, kadang kadang kalau tidurnya kecapean, lagi stres sangat berat, misalnya pagi tidurnya juga tidak nyenyak, itu juga menyebabkan ereksi tidak fit di pagi hari," tuturnya saat webinar virtual, Rabu (22/6/2022).

"Tapi secara kesimpulan kita masih lihat, belakangan ini beberapa minggu itu kayak gimana ereksi paginya? Misalnya ada tiga hari, tidur pulas, dan dia juga tidak ada gangguan psikogenik, nanti dia ditanya apakah masih ada ereksi pagi atau tidak. Kalau jelas-jelas tidak ada ereksi pagi hari, sebenarnya bukan ereksi kuatnya, minimal tapi ada ereksi, nah itu mungkin kita mesti hati-hati. Mungkin dia memang ada gangguan disfungsi ereksi," lanjutnya.



Simak Video "AS Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin JYNNEOS untuk Monkeypox"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela
Menuju Koalisi: Kawin Paksa Vs Sukarela Selengkapnya