4 Alasan Tak Perlu Buru-buru Pakai Celana Dalam Usai Seks

ADVERTISEMENT

4 Alasan Tak Perlu Buru-buru Pakai Celana Dalam Usai Seks

Dharmajati Yusuf Fadli - detikHealth
Senin, 27 Jun 2022 20:31 WIB
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks
Alasan tak perlu buru-buru pakai celana dalam usai bercinta. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Pasangan suami istri disarankan untuk tidak buru-buru memakai celana dalam usai berhubungan seksual. Ternyata, ada manfaat di balik anjuran tersebut.

Dikutip dari India Times, para ahli mengimbau bahwa jangan pernah mengenakan celana dalam setelah berhubungan seks. Hal itu berdasarkan beberapa temuan medis bahwa memakai celana dalam setelah bercinta justru menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Berikut adalah empat alasan tak perlu buru-buru memakai celana dalam setelah bercinta:

Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

Menurut dokter ginekologi, buang air kecil setelah bercinta sangat penting untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Oleh karena itu, dengan tidak langsung memakai celana dalam setelah bercinta akan membuat saluran kemih berfungsi normal dan terhindar dari ISK.

ISK kerap menyerang wanita, infeksi ini biasanya terjadi pada kandung kemih atau uretra karena bakteri yang masuk, jika lebih parah infeksi ini bisa menyebar hingga ginjal.

Mencegah infeksi jamur pada area vital

Ketika bercinta, area vital pria dan wanita biasanya lembab karena air mani dan keringat. Sebaiknya bersihkan terlebih dahulu area vital tersebut sebelum memakai celana dalam.

Pembersihan dapat memakai air bersih, tisu, atau kain bersih untuk membersihkan area vital. Dengan tindakan pembersihan tersebut akan mencegah berkembang biaknya infeksi jamur, terutama bagi wanita yang rentan dengan infeksi jamur di area kemaluan.

Memberi kesempatan organ vital untuk 'bernapas'

Tidak memakai celana dalam setelah bercinta juga akan memberikan kesempatan bagi organ vital untuk 'bernapas'. Terlebih bagi wanita, hal itu tentunya dibutuhkan untuk membantu udara keluar dari vagina sehingga bisa mengurangi risiko infeksi jamur atau penyakit gatal lainnya.

Bersihkan tubuh secara menyeluruh terlebih dahulu

Alasan terakhir tak perlu buru-buru memakai celana dalam setelah bercinta yaitu sebaiknya bersihkan badan secara menyeluruh terlebih dahulu. Tidak hanya di area vital, setelah bercinta biasanya keringat akan membasahi sekujur tubuh.

Pembersihan ini dapat dilakukan dengan mandi, setelah mandi jangan lupa untuk keringkan tubuh dengan handuk atau kain bersih hingga seluruh tubuh kering.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT