ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Jul 2022 19:30 WIB

Fakta-fakta Vagina, Bentuk hingga Rata-rata Kedalamannya

Christina Butarbutar - detikHealth
ilustrasi vagina Ilustrasi vagina. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Pada umumnya, bentuk vagina wanita memiliki perbedaan. Vagina dan struktur luar vulva secara alami memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang beragam. Oleh karena itu, sebagian besar wanita banyak bertanya apakah bentuk vagina mereka normal atau tidak.

Secara keseluruhan, vagina wanita memiliki bentuk yang serupa, tetapi vagina juga dapat sangat bervariasi dari segi panjang lebar, bentuk labia, atau bibir, jumlah rambut kemaluan, warna, maupun keputihan dan bau.

Dikutip dari Medical News Today, berikut penjelasan dari bentuk, ukuran, dan warna vagina:

1. Bentuk Vagina

Ketika orang menyebut vagina, ini berarti bagian luar alat kelamin yang terlihat. Istilah anatomi untuk daerah ini adalah vulva. Vulva mencakup banyak struktur, seperti labia mayora dan labia minora, atau bibir dalam dan luar. Ini adalah lipatan kulit yang mengelilingi lubang vagina dan uretra. Tergantung pada ukuran dan bentuk struktur eksternal, penampilan vulva dapat sangat bervariasi.

Beberapa karakteristik umum vulva meliputi:

Bibir luar vulva, atau labia mayora, biasanya lebih panjang pada beberapa orang. Bibir mungkin menggantung rendah, dan kulit mungkin tampak tipis, atau mungkin tebal dan bengkak. Bibir luar biasanya relatif halus dan tidak terlipat sebanyak bibir bagian dalam.

Bibir bagian, atau labia minora, biasanya terlihat. Mereka mungkin menjuntai di bawah bibir luar atau menonjol. Satu bibir bagian dalam mungkin lebih panjang dari yang lain. Asimetri di labia tidak selalu menjadi perhatian.

Bagian dalam vagina, seperti tabung panjang dengan area terlipat yang dapat mengembang dan berkontraksi. Vagina dapat terlihat lebih lebar atau lebih longgar setelah melahirkan. Ini karena jaringan vagina mengembang untuk memberi ruang bagi bayi untuk melewati jalan lahir. Vagina dapat kembali ke ukuran sebelum hamil, atau mungkin tetap sedikit melebar.

Selaput dara merupakan selaput tipis yang pada kebanyakan wanita, sebagian menutupi lubang vagina. Selaput dara sangat bervariasi dalam bentuk dan elastisitas, dan juga dapat berubah seiring bertambahnya usia atau selama kehamilan.

Bagi sebagian orang, selaput dara dapat menunjukkan apakah seseorang masih perawan atau tidak, namun salah. Pertama kali seseorang berhubungan seks, mereka mungkin berdarah, tetapi ini tidak berlaku untuk semua orang. Salah satu alasannya mungkin karena robekan pada selaput dara.

2. Ukuran Vagina

Vagina dapat berubah ukuran, atau panjangnya, misalnya untuk menampung tampon, jari, atau penis. Hal ini dilakukan dengan meregangkan dan memanjangkan. Ini juga menggerakkan leher rahim dan rahim ke atas.

Panjang vagina bervariasi, tetapi panjang rata-rata hanya di bawah 4 inci. Dalam penelitian 2016, peneliti menggunakan pemindaian MRI untuk mengukur panjang, lebar, dan sudut vagina partisipan. Beberapa orang memiliki ukuran vagina hingga 7 inci.

Selanjutnya: Warna Vagina

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT