ADVERTISEMENT

Sabtu, 13 Agu 2022 07:00 WIB

Ukuran Penis Normal Berapa Sih? Pria Wajib Tahu Biar Nggak Insecure

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
banana and measuring tape on white background Ukuran penis normal (Foto: iStock)
Jakarta -

Ukuran penis normal masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Hal tersebut pun membuat banyak orang mengalami kecemasan tentang apakah penis mereka cukup besar dan apakah itu akan memuaskan pasangan seksualnya.

Meskipun banyak sumber yang mengatakan bahwa ukuran penis tidak berpengaruh terhadap kepuasan dalam bercinta. Banyak pria yang tetap merasa tidak percaya diri dengan ukuran penisnya.

Dikutip dari Medical News Today, terdapat sebuah penelitian yang menanyakan kepada wanita apakah panjang penis penting atau tidak bagi mereka. Hasilnya, 77 persen wanita mengatakan panjang penis tidak penting bagi diri mereka sendiri.

Hanya sekitar 21 persen yang menyatakan bahwa panjang penis adalah hal yang penting. Mereka yang mengatakan bahwa panjang penis hal yang penting penting juga menyatakan bahwa lingkar, atau lebar penis juga hal yang penting.

Berapa Ukuran Penis Normal yang Dimiliki Pria?

Pada tahun 2014 telah dilakukan pengukuran pada penis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional pada 15.521 pria berusia 17 tahun ke atas. Hasil pengukuran tersebut mendapatkan nilai rata-rata adalah sebagai berikut:

  • Panjang penis lembek: 9,16 cm saat diregangkan
  • Lingkar penis lembek: 9,31 cm
  • Panjang penis ereksi: 13,12 cm
  • Lingkar penis saat ereksi: 11,66 cm

Hal itu berarti ketika ukuran penis seseorang berada pada kisaran 13 cm merupakan hal yang normal. Dokter juga umumnya tidak akan merekomendasikan operasi pemanjangan penis, kecuali penis tersebut memiliki panjang lembek di bawah 4 cm dan panjang ketika ereksi kurang dari 7,5 cm.

Penyebab Penis Berukuran Pendek

Terdapat sebuah penelitian yang mencari tahu apa yang membuat penis seorang pria tampak kecil. Hasilnya adalah terdapat dua penyebab paling umum yang bisa membuat penis tampak kecil, yaitu obesitas dan pertambahan usia.

Ada korelasi yang antara indeks massa tubuh yang lebih besar dan panjang penis ereksi yang lebih pendek. Hal itu dikarenakan jumlah lemak yang berlebih di area perut membuat penis tampak lebih kecil, sehingga penurunan berat badan seringkali dapat mengatasi hal ini.

Pada beberapa kasus ukuran penis mungkin akan lebih kecil seiring bertambahnya usia seorang pria. Namun, pengurangan ukuran tersebut tidak akan langsung terjadi secara signifikan, melainkan secara perlahan.

Ukuran penis normal atau yang lebih besar mungkin akan memberikan pengalaman bercinta yang menyenangkan. Namun, ukuran penis bukan satu-satunya alasan seseorang dapat merasa puas ketika bercinta.



Simak Video "Klinik Pengobatan Mak Erot Juga Bisa Tangani Keluhan Mr P Patah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT