ADVERTISEMENT

Sabtu, 20 Agu 2022 19:30 WIB

Ini Dia Perubahan Sensasi Seks pada Pria Seiring Bertambahnya Usia

Alethea Pricila - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Usia dan gairah seks berhubungan dengan erat. Semakin muda, gairah seks yang dialami oleh seseorang akan semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, gairah seks cenderung menurun seiring bertambahnya usia.

Bagi wanita, dikutip dari Very Well Health, ada beberapa penyebab menurunnya gairah seks, seperti:

  • Hormonal KB
  • Kehamilan
  • Menopause

Lalu bagaimana dengan pria? Dikutip dari The Spectator, pria memiliki 7 usia seksual yang memengaruhi gairah seks, sebagai berikut.

1. Usia Remaja

Usia remaja pada hal ini merupakan pria dengan usia di bawah 20 tahun yang memiliki kadar testosteron yang masih banyak. Sebuah penelitian menunjukkan rata-rata pria dengan umur remaja akan melakukan orgasme setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Usia 20-an

Pria yang berusia sekitar 20 tahun atau lebih akan mengalami penurunan testosteron jika dibanding ketika masih remaja. Pada usia ini, seorang pria akan tiga kali orgasme dalam seminggu. Jika dilihat memang hampir sama dengan usia remaja, namun pada usia ini seorang pria dapat menunda orgasme dalam waktu yang cukup lama karena sudah memiliki kesibukan yang harus diselesaikan.

3. Usia 30-an

Pada usia ini, kadar hormon pria akan mengalami penurunan sekitar 1 persen per tahun. Rata-rata pria berusia 30 tahun ke atas hanya mengalami kurang dari tiga kali orgasme dalam seminggu. Ketika berhubungan seks, mereka biasanya 'memuaskan' pasangannya selama 30 menit sebelum mengalami ejakulasi.

4. Usia 40-an

Sebagian ahli kesehatan saat ini mencoba meyakinkan publik bahwa ada yang namanya 'menopause pria' dan oleh karena itu pria pada usia ini memiliki kemungkinan untuk membutuhkan suplemen testosteron. Rata-rata mereka masih mengalami dua kali orgasme selama seminggu.

5. Usia 50-an

Rata-rata pria berusia 50 ke atas akan mengalami 1 hingga 2 klimaks dalam seminggu. Hanya sekitar 7 persen pria pada usia ini yang dapat memuaskan pasangannya dengan baik.

6. Usia 60-an

Pria dengan usia yang lebih tua ini diperkirakan hanya dapat orgasme satu kali dalam seminggu. Tak jarang dari mereka memutuskan untuk 'menyerah' dan tidak melakukannya sama sekali karena masalah kesehatan.

7. Usia 70 ke atas

Pada usia ini mungkin dianggap mustahil bagi seorang pria dapat berhubungan seksual dengan baik kepada pasangannya. Namun kenyataannya, dikutip dari The Spectator, terdapat pasien tertua yang aktif secara seksual melakukan hubungan intim bersama istrinya secara teratur pada usia 85 tahun. Hal ini terjadi karena Viagra, obat untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT