ADVERTISEMENT

Jumat, 26 Agu 2022 05:00 WIB

Seberapa Sering Harus Bercinta Biar Ada Manfaatnya? Riset Ini Menjawabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Shot of an affectionate young couple spending some quality time together in their bedroom at home Ilustrasi seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak pakar menyebut seks memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Namun seberapa sering harus melakukannya, tidak banyak yang bisa menjawabnya dengan pasti.

Sebuah riset baru-baru ini berusaha memberikan titik terang terkait pertanyaan tersebut. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menyebut bercinta 1-2 kali sepekan paling ideal untuk melawan infeksi.

Riset tersebut dipublikasikan pada 2024 di jurnal Psychological Reports, mengungkap adanya peningkatan immunoglobulin A (IgA) pada pasangan yang bercinta 1-2 kali sepekan. IgA merupakan salah satu komponen penting dalam sistem imun.

Selain itu, sebuah riset di jurnal Fertility and Sterility juga mengungkap temuan yang tidak jauh berbeda. Terungkap, bercinta sekurangnya 3 kali dalam sebulan berhubungan dengan gejala COVID-19 yang lebih ringan. Diyakini karena tubuh jadi lebih efektif melawan patogen.

Bukan cuma frekuensi, durasi juga berpengaruh pada manfaat bercinta. Geoffrey Hacket, profesor kebugaran pria dari Aston University di Birmingham menyebut durasi ideal untuk bercinta adalah 20 menit per sesi.

"Kami memperkirakan bahwa seks 20 menit pada pria setara dengan berjalan kali 1 mil (sekitar 1,6 km) dan itu cukup membutuhkan effort fisik jika sering dilakukan," katanya, dikutip dari Daily Star.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT