ADVERTISEMENT

Jumat, 02 Sep 2022 05:00 WIB

Miss V Susah Basah saat Bercinta? 5 Makanan Ini Mungkin Bisa Membantu

Fadilla Namira - detikHealth
ilustrasi pasangan Miss V susah basah saat bercinta (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bagi wanita, vagina yang kering saat bercinta merupakan suatu keadaan yang buruk karena tidak nyaman dan terasa sakit. Hal ini mungkin bukan jadi masalah yang besar bagi pria. Namun, banyak wanita mengeluhkan hal ini, bahkan membuat frustasi.

Menurut ahli urologi, Denise Asafu-Adjei MD, MPH, estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membasahi (pelumasan) dan menyehatkan jaringan vagina. Pelumasan vagina terjadi ketika darah terultrafiltrasi sehingga aliran darah meningkat dan pembuluh di area tersebut melebar.

Meskipun kondisi ini seringkali terjadi pada wanita di atas 65 tahun (pascamenopause), tidak menutup kemungkinan wanita dewasa juga mengalaminya. Dikutip dari laman Madamenoire, vagina kering tidak terjadi karena menopause saja, tetapi stres, rokok, obat-obatan, pascalahiran (postpartum), gangguan kekebalan tubuh, dan perawatan medis tertentu.

Untuk mengakalinya, sekarang sudah tercipta pelumas buatan yang bisa kita jumpai di apotek ataupun supermarket. Selain itu, banyak klinik kecantikan sudah menyediakan perawatan untuk melembabkan vagina.

Namun, tahukah kamu ada cara alami untuk mengatasinya? Berikut rangkumannya:

1. Biji Rami

Biji rami atau flaxseed adalah salah satu jenis biji-bijian utuh yang biasa dijadikan sebagai bahan tepung ataupun suplemen makan. Bahan makanan ini sering dianjurkan untuk wanita menopause karena mengandung lignan fitoestrogen yang bagus untuk kesehatan organ vital wanita. Selain itu, ia menjadi penangkal masalah kesehatan berat, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Biji-bijian ini biasanya dicampur dengan sereal, oatmeal, dan yogurt karena tidak memiliki rasa yang kuat.

2. Kacang Kedelai

Bahan makanan ini tentu bisa kita dapatkan di mana saja, bukan? Bahkan bahan olahannya, seperti tahu dan tempe bisa kita beli di warung terdekat. Tidak hanya menjadi sumber kalsium dan magnesium, kacang kedelai dan olahannya mengandung senyawa fitoestrogen isoflavon yang menjaga kelenjar di sekitar vagina tetap bekerja dengan aktif sehingga bisa membasahi vagina secara signifikan.

3. Udang dan Tiram

Bagi kamu pecinta makanan laut, rekomendasi makanan ini bisa kamu konsumsi secara tepat. Walaupun memiliki lebih banyak 85% kandungan kolesterol dibanding hewan laut lainnya, udang juga bermanfaat melumasi vagina. Begitupun dengan tiram, ia mengandung Zinc dan asam lemak yang tinggi. Senyawa Zinc dipercaya dapat melawan kekeringan, sedangkan asam lemak bisa meningkatkan vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) melalui relaksasi pada otot-otot polos di sekitar vagina.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT