Pijat Prostat, Beneran Bermanfaat? Ini Faktanya Menurut Dokter Urologi

ADVERTISEMENT

Pijat Prostat, Beneran Bermanfaat? Ini Faktanya Menurut Dokter Urologi

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 01 Sep 2022 20:17 WIB
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling.
Pijat prostat beneran bermanfaat? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Beberapa pria mengalami kelebihan cairan mani. Salah satu cara untuk menguranginya dengan pijat prostat atau prostate massage. Apa sih itu? Ini penjelasan dokter urologi.

Prostat merupakan kelenjar kecil dengan ukuran seperti bola golf yang terletak di pangkal penis dan rektum. Tugas utamanya adalah membuat cairan disebut air mani yang membantu perjalanan sperma.

Dikutip dari WebMD, pijat prostat dilakukan dengan cara memasukkan jari yang bersarung tangan ke dalam rektum lalu memijat atau menekan prostat.

Lalu untuk Apa Manfaatnya?

Dokter spesialis urologi dari RSU Bunda Menteng, dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K), PhD, FICRS, menyebut biasanya prostate massage dilakukan dengan cara menekan kelenjar prostat dan dilakukan untuk seorang pasien yang terkena peradangan prostat.

"Prostate massage sebenarnya penekanan pada kelenjar prostat, itu hanya dikerjakan pada kasus-kasus peradangan prostat biasanya, jadi bukan kasus yang lain," tuturnya saat webinar virtual, Kamis (1/9/2022).

Ia menyebutkan pijat prostat ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang dialami oleh pasien. Oleh karena itu lebih disarankan kepada para pasien yang mengalami peradangan prostat.

"Nggak enak loh itu, bisa dibayangkan prostat di dalam terus kemudian dimasukan jari lewat lubang dubur. Kan lubang dubur biasanya untuk mengeluarkan, bukan untuk memasukkan sesuatu," ujar dr Agus Rizal.

"Prostate massage itu tidak nyaman sebenarnya untuk laki-laki, jadi memang kita sarankan pada pasien yang mengalami peradangan prostat," tutupnya.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT