ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Sep 2022 05:30 WIB

Tetap 'Bobol' Meski Pakai Kondom? 6 Kesalahan Ini Bisa Jadi Biang Keroknya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Condom Snorting Challenge, Tantangan Menyakitkan dan Berbahaya yang Tengah Populer Ilustrasi kondom (Foto: iStock)
Jakarta -

Seks aman biasanya diterapkan pada beberapa kondisi seperti untuk mengatur kehamilan serta untuk pencegahan sexually transmitted Infection (STIs) atau infeksi seks menular seperti HIV, herpes, dan sifilis.

Dengan begitu, mengatur seks aman dapat membuat kehidupan seks lebih sehat dengan meningkatkan komunikasi dan kepercayaan pada pasangan.

Meskipun disebut sebagai seks aman, tetap saja ada resiko yang terjadi karena kesalahan pada aktivitas seksual. Berikut kesalahan-kesalahan pada seks aman yang harus dihindari:

1. Salah Cara Pakai Pengaman

Kondom atau pengaman dapat membantu pencegahan kehamilan maupun STIs, tetapi jika penggunaan dengan cara yang benar. Pasang pengaman pada penis yang ereksi atau keras. Jepit udara dari ujungnya dan gulung ke bawah. Setelah selesai digunakan, pegang bagian bawah dan tarik keluar.

2. Kondom Kadaluwarsa

Sebelum dipakai, cek terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa kondom yang akan digunakan. Jika kondom kering, lengket, atau kaku saat dikeluarkan dari kemasan, buang dan gunakan yang baru.

3. Mengontrol Kehamilan dan IMS

Mengontrol kehamilan dengan pil atau alat kontrasepsi dalam rahim tidak dapat melindungi dari kemungkinan adanya infeksi menular seksual atau IMS. Cara yang pasti untuk menghindarinya adalah dengan tidak berhubungan seksual atau bertukar cairan tubuh apapun. Namun, bentuk perlindungan dengan kondom saat berhubungan seksual dapat menurunkan kemungkinan infeksi dan kehamilan.

4. Seks Anal

Peluang hamil melalui anal seks memang rendah, tetapi bukan tidak mungkin. Air mani dapat berpindah dari daerah anus ke vagina. Anal seks justru menaikkan resiko penyakit menular karena jaringan rektal yang tipis mudah robek. Selain itu, kondom cenderung lebih mudah pecah selama seks anal karena pelumas alaminya lebih sedikit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kenali Tubuh sendiri, Edukasi Seks Anak Sejak Dini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT