ADVERTISEMENT

Minggu, 18 Sep 2022 21:30 WIB

7 Penyebab Perdarahan Bisa Terjadi saat Bercinta

Alethea Pricila - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Ilustrasi vagina. Foto: iStock
Jakarta -

Berhubungan seks menjadi salah satu aktivitas favorit yang dilakukan pasangan. Selama bercinta, ada beberapa hal yang akan terjadi dalam tubuh.

Hal tersebut membuat adanya reaksi tubuh mulai dari yang terlihat hingga tubuh bagian dalam. Selama bercinta khususnya bagi wanita yang baru pertama kali melakukannya, beberapa dari mereka akan mengeluarkan darah dari vagina saat atau sesudah berhubungan.

Keluarnya darah dari vagina adalah kondisi yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Dikutip dari Very Well Health, 9 persen wanita pernah mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual dan bukan dalam masa menstruasi.

Selain itu, antara 43 hingga 63 persen wanita menopause akan mengalami perdarahan dan rasa sakit ketika bercinta.

Perdarahan ini biasanya akan terjadi dalam waktu singkat, sedikit seperti bercak darah dan akan sembuh beberapa jam setelahnya. Namun, jika perdarahan dalam jumlah banyak dan berlangsung lama, itu perlu dikhawatirkan karena bisa saja terkena penyakit seperti:

  1. Penyakit Menular Seksual
  2. Polip Jinak
  3. Ektropion Serviks
  4. Trauma
  5. Kanker
  6. Atrofi vagina
  7. Endometriosis (Gangguan di Rahim)


Simak Video "KuTips: Tips Pilih Konten Edukasi Seks di Internet Ala dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT