Libido Ngedrop Bikin Minder? Bapak-bapak, 5 Cara Simpel Ini Dongkrak Gairah Seks

ADVERTISEMENT

Libido Ngedrop Bikin Minder? Bapak-bapak, 5 Cara Simpel Ini Dongkrak Gairah Seks

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 18 Okt 2022 22:00 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Ilustrasi bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Libido atau dorongan seks yang dimiliki seseorang berbeda-beda. Ada berbagai faktor yang membuat seseorang memiliki dorongan seks yang rendah seperti kecemasan, hubungan dengan pasangan yang sedang tidak baik, masalah kesehatan hingga usia.

Bagi beberapa orang, memiliki libido rendah bisa meningkatkan tidak percaya diri. Alhasil, mereka akan mencari berbagai cara untuk meningkatkan libidonya. Berikut 5 cara yang bisa membantu meningkatkan libido secara alami.

1. Atur Tingkat Kecemasan

Memiliki tingkat kecemasan yang tinggi akan memengaruhi fungsi seksual serta libido seseorang. Mereka yang memiliki kesibukan karena pekerjaan dan lainnya memungkinkan untuk memiliki dorongan seksual yang rendah.

Suatu studi 2017 menunjukkan bahwa stress dan cemas juga bisa membuat seorang pria sulit untuk ereksi. Kedua hal itu juga bisa membuat libido menurun dan meningkatkan disfungsi seksual.

2. Tingkatkan Kualitas Hubungan

Banyak pasangan akan merasa 'kosong' dalam hubungan mereka karena kurangnya mengenal pribadi pasangan. Kondisi ini akan berdampak kepada dorongan seksual mereka. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan pendekatan kepada pasangan agar mereka bisa saling tukar pikiran termasuk dalam kehidupan seksual yang diinginkan.

3. Tidur yang Cukup

Memiliki kualitas hidup yang baik dapat meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Dikutip dari Medical News Today, waktu tidur juga berhubungan dengan kualitas libido seseorang. Suatu studi kecil pada 2015 lalu menunjukkan seorang wanita yang memiliki waktu tidur lebih banyak akan memiliki gairah seksual yang meningkat pada hari berikutnya.

4. Fokus Pada Foreplay

Berhubungan seksual bukan hanya ketika mereka melakukan penetrasi tetapi juga rangkaian cara yang dilakukan saat bercinta. Salah satunya adalah foreplay yang bisa meningkatkan libido seseorang. Bagi wanita, foreplay merupakan momen yang penentang untuk mendapatkan gairah seksualnya.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi memberi manfaat untuk libido. Hal ini terjadi karena dorongan seks akan meningkat jika sirkulasi darah dan jantung baik. Sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskular dapat memengaruhi fungsi seksual fisik. Sindrom ovarium polikistik juga dapat memengaruhi kadar hormon yang mengganggu libido.

Oleh karena itu konsumsi makanan yang kaya sayuran, rendah gula, dan tinggi protein tanpa lemak dapat membantu mencegah gangguan yang memengaruhi libido.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT