Biasanya Kalem, Tetiba Gairah Seks Meledak-ledak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Biasanya Kalem, Tetiba Gairah Seks Meledak-ledak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Rabu, 02 Nov 2022 19:30 WIB
Shot of a young couple sharing an intimate moment in their bedroom
Gairah seks (Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta -

Dorongan atau gairah seks secara alami bisa mengalami kenaikan dan penurunan, juga dapat berubah seiring bertambahnya usia. Sama seperti frekuensi seks, pada dasarnya tidak ada standar normal atau berlebihan untuk gairah seks.

Pakar seks dan hubungan asmara di California, Kamil Lewis menjelaskan bahwa banyak orang yang mempermalukan orang lain dengan istilah 'pecandu seks'. Padahal, dorongan seks umumnya adalah hal alami dan sehat.

"Ada banyak bahasa yang mempermalukan di sekitar mereka yang memiliki dorongan seks yang lebih tinggi seperti pecandu seks dan nymphomaniac," kata Lewis, dikutip dari Insider, Rabu (2/11/2022).

Selain itu, dikutip dari Psychology Today, dorongan seksual terlalu tinggi atau hiperseksualitas sebenarnya bukanlah diagnosis Hal itu tertera dalam buku Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM). Istilah tersebut juga kontroversial dalam dunia psikologis.

Jika hiperseks dilihat dari jumlah orgasme, hal ini juga dinilai kurang tepat karena tidak semua orang secara teratur atau konsisten mengalami orgasme.

Bagaimana jika Dorongan Seksual Terlalu Minim?

Sebaliknya, Lewis juga menjelaskan bahwa dorongan seksual yang terlalu rendah juga tak selalu mengindikasikan ketidakcocokan.

"Jika dorongan seks yang tinggi menghalangi komitmen seperti pekerjaan, keluarga, atau hubungan, temui terapis seks positif untuk mencari dukungan tentang cara mengelola dorongan seks tanpa rasa malu," tambahnya.

Dorongan seks yang tiba-tiba meningkat atau lebih tinggi dari biasanya bisa disebabkan oleh faktor berikut:

  • Perubahan hormon
  • Tanda pubertas atau penuaan
  • Olahraga berlebihan
  • Berada dalam hubungan seksual yang sehat
  • Tingkat stres berkurang
  • Pengaruh obat-obatan


Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT