Jangan Langsung Tidur! 3 Hal Ini Tak Boleh Dilewatkan Usai Bercinta

ADVERTISEMENT

Jangan Langsung Tidur! 3 Hal Ini Tak Boleh Dilewatkan Usai Bercinta

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Kamis, 17 Nov 2022 20:31 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Umumnya setelah bercinta pasangan memilih untuk langsung tertidur pulas. Hal ini dikarenakan tubuh sudah melepaskan hormon dopamin yang dapat membantu pasangan agar tidur lebih pulas.

Namun, langsung tidur setelah bercinta sangat tidak disarankan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan usai bercinta. Apa saja?

Dikutip dari Health Shots, tiga hal penting ini wajib dilakukan usai berhubungan seksual.

1. Buang Air Kecil

Usai bercinta, pasutri harus buang air kecil terlebih dahulu. Buang air kecil setelah bercinta dapat membantu mengeluarkan semua cairan yang ada di dalam kelamin, sehingga meminimalisir kemungkinan adanya infeksi saluran kemih.

Bagaimana jika tidak merasa ingin buang air kecil?

Minumlah segelas air putih, kemudian tunggu sebentar hingga terasa ingin buang air kecil. Selain itu, buang air kecil juga membantu menghilangkan kuman pada alat kelamin.

2. Bersih-bersih

Tak hanya buang air kecil, membasuh serta membersihkan alat kelamin tidak boleh asal-asalan. Harus dilakukan secara lembut, menggunakan air hangat, serta handuk yang lembut.

Bagi wanita, basuh vagina dari arah depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Vagina memiliki bakteri baik untuk membantu serta menjaga tingkat pH agar tetap sehat dan seimbang.

3. Ganti Pakaian Dalam

Mengapa harus ganti baju usai bercinta? Tentunya cairan dari alat kelamin sudah menodai pakaian yang melekat di tubuh kita, apalagi sprei. Hal ini akan menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak, hingga memicu timbulnya infeksi.

Karenanya, disarankan untuk mengganti pakaian dengan pakaian bersih dan nyaman usai berhubungan seksual.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT