Tak Berdarah Saat Malam Pertama, Tanda Tidak 'Perawan'? Begini Kata Ahli

ADVERTISEMENT

Tak Berdarah Saat Malam Pertama, Tanda Tidak 'Perawan'? Begini Kata Ahli

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 18 Nov 2022 19:30 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Benarkah vagina tidak berdarah saat bercinta pertama kali tanda tidak perawan? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Berhubungan seksual kerap memberikan kesenangan bagi setiap orang yang melakukannya. Tak heran, pasangan memiliki 'jadwal' khusus untuk mereka bercinta setelah menjalani aktivitas lainnya.

Meski begitu, bagi mereka yang baru pertama kali melakukan hubungan seks akan muncul beberapa kekhawatiran mulai dari kurang percaya diri hingga adanya persepsi buruk yang sudah ditanamkan sejak dulu. Salah satunya adalah anggapan mengenai seorang wanita yang baru melakukan hubungan seks biasanya akan mengeluarkan darah dari vagina. Namun, apakah itu benar?

Seorang pendidik seksualitas asal Manhattan Logan Levkoff, PhD menyebut tidak ada bagian tubuh yang disebut 'keperawanan'.

"Ini adalah istilah yang dibangun secara sosial yang mendalami gagasan lama tentang siapa yang harus menjaga keperawanan. Penuh dengan rasa malu dan stigma, karena jika Anda kehilangan sesuatu, Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali. Ungkapan itu dirancang untuk membuat orang merasa bersalah," ucapnya dikutip dari Webmd, Jumat (18/11/2022).

Nyatanya, tidak semua wanita mengeluarkan darah saat pertama kali bercinta. Dikutip dari NHS, seorang wanita yang mengeluarkan darah saat melakukan hubungan seks penetrasi untuk pertama kalinya terjadi karena selaput dara meregang atau robek.

Selaput dara atau hymen adalah kulit tipis yang menutupi sebagian pintu masuk ke vagina. Bagi sebagian wanita, hal ini mungkin meregang atau robek ketika mereka pertama kali berhubungan seks.

Di sisi lain, seorang wanita mungkin saja tidak mengetahui selaput daranya telah meregang atau robek, karena hal itu tidak selalu menyebabkan rasa sakit atau pendarahan yang nyata. Inilah yang menjadi salah satu alasan mereka tidak mengeluarkan darah saat pertama kali bercinta.

Selaput dara yang meregang atau robek karena berbagai hal seperti:

  • Berhubungan seks
  • Kegiatan seperti berkuda atau olahraga lainnya
  • Menggunakan tampon
  • Masturbasi


Simak Video "Kursi Ajaib!"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT