Pasutri Catat! 5 Tips yang Bikin Bercinta Jadi Lebih 'Enak'

ADVERTISEMENT

Pasutri Catat! 5 Tips yang Bikin Bercinta Jadi Lebih 'Enak'

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Rabu, 23 Nov 2022 21:30 WIB
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks
Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia, perubahan fisik setiap orang akan berubah serta mempengaruhi kehidupan seksual. Salah satunya adalah penurunan kadar hormon dan perubahan fungsi saraf, hal ini dapat memicu masalah seperti disfungsi ereksi bagi pria hingga vagina terasa nyeri bagi wanita.

Tak hanya itu, perubahan fisik juga kerap diartikan sebagai penurunan intensitas seks lantaran mulai memasuki usia paruh baya. Beberapa faktor tersebut menjadi salah satu hambatan bagi pasutri dalam upaya mempertahankan hubungan seksual yang sehat.

Dikutip dari Health Harvard, beberapa tips berikut dapat membantupasutri untuk memperbaiki hubungan seksual agar lebih baik.

1. Beri waktu

Fakta menunjukkan bahwa saat usia seseorang bertambah, secara langsung respons seksual akan melambat. Rupanya ada cara untuk mengakali hal ini, yakni jadikan sebagai waktu luang untuk menemukan suasana seks yang tenang, nyaman, serta bebas dari gangguan.

Perlu dipahami bahwa perubahan fisik yang terjadi, artinya tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai orgasme.

2. Gunakan pelumas

Sering kali, wanita mengalami kekeringan vagina yang ditandai dengan masuknya masa perimenopause. Pelumas adalah salah satu cara yang dapat dignakan untuk menghindari hubungan seksual yang mengakibatkan wanita merasa kesakitan.

3. Pertahankan sentuhan fisik

Sentuhan fisik dapat membuat wanita merasa lebih disayang. Jika wanita merasa lelah atau kesal akibat hari buruk, pria dapat menenangkan wanita dengan cara memberikan pelukan atau ciuman untuk saling menjaga ikatan emosional dan fisik.

4. Mencoba berbagai posisi baru

Hubungan seksual dengan posisi itu-itu saja juga membosankan. Maka dari itu, penting bagi pasutri untuk eksplor posisi bercinta yang lebih bervariasi.

5. Coba untuk lebih rileks

Coba untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan sebelum masuk ke dalam hubungan seksual. Misalnya bermain game atau keluar untuk makan malam, bisa juga melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT