Ini Dia 5 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Setelah Pertama Kali Bercinta

ADVERTISEMENT

Ini Dia 5 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Setelah Pertama Kali Bercinta

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 26 Nov 2022 20:06 WIB
Ilustrasi seks/pasangan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn
Jakarta -

Salah satu perubahan yang terjadi pada wanita adalah saat mereka pertama kali melakukan hubungan intim. Ketika seorang wanita baru melakukan hubungan seks, ada beberapa perubahan yang akan terjadi pada tubuhnya. Kondisi ini terjadi karena tubuh menyesuaikan diri terhadap hal baru.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Sex Research dengan 6.000 orang dewasa muda menemukan bahwa lebih banyak wanita saat ini menikmati pengalaman pertama kali berhubungan seksual daripada sebelumnya. Mereka juga mengaku menyadari adanya perubahan dalam dirinya seiring berjalannya waktu. Lantas, apa saja perubahan yang akan terjadi pada wanita saat pertama kali bercinta?

Perubahan Tubuh Wanita Setelah Berhubungan Seks

Payudara Lebih Kencang

Tubuh wanita mengalami transformasi karena saat berhubungan seksual, sistem saraf yang ada di pembuluh darah menyebabkan pembengkakan payudara. Payudara sebenarnya bisa menjadi 25 persen lebih besar saat berhubungan seks dan beberapa saat setelah itu. Ukuran dan kekencangannya sebenarnya bisa berbeda-beda tergantung tingkat gairahnya.

Puting Menjadi Lebih Sensitif

Berhubungan seks memicu lebih banyak aliran darah dan ketegangan otot di beberapa area termasuk puting dan areola yang merupakan bagian yang mengelilingi puting. Proses yang disebut vasocongestion sehingga membuat puting menjadi keras hingga bahkan bisa menyebabkan orgasme. Puting juga menjadi lebih sensitif secara umum, hal ini ditunjukkan dengan puting bisa menjadi keras bahkan saat seseorang memiliki pikiran erotis.

Elastisitas Vagina Berubah

Usai bercinta, vagina menyesuaikan diri dengan meregang sedikit lebih banyak dari sebelumnya. Saat wanita cukup terangsang, bibir vagina terbuka untuk menyambut apapun yang datang. Hal ini yang menjadi penyebab sering berhubungan seks dapat membuat penetrasi lebih nyaman.

Klitoris dan Rahim 'Belajar' Merespons

Saat berhubungan seks, vagina dapat belajar berfungsi dengan mengembang dan berkontraksi dengan sendirinya. Sebelum dan selama hubungan seksual, klitoris akan membengkak dan rahim sedikit naik, inilah yang merupakan sesuatu yang diingat untuk dilakukan saat kembali berhubungan seks.

Pelumasan Vagina Terasa Berbeda

Setelah wanita mulai berhubungan seks, vagina yang basah tidak akan pernah sama ketika mereka melakukan masturbasi. Pelumasan kemudian juga terus bervariasi selama sisa hidup seseorang tergantung pada keadaan emosi dan siklus menstruasi.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT