Waspada! Ini 4 Penyebab Rambut Putih di Area Kemaluan

ADVERTISEMENT

Waspada! Ini 4 Penyebab Rambut Putih di Area Kemaluan

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 27 Nov 2022 21:00 WIB
Young beautiful woman in roses garden
Ilustrasi vagina. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Elitsa Deykova)
Jakarta -

Area kemaluan ditumbuhi rambut yang memiliki fungsi penting, yakni mengurangi gesekan saat berhubungan seksual dan mencegah penularan bakteri.

Proses penuaan bisa menyebabkan rambut kemaluan memutih. Pada beberapa faktor tertentu, rambut kemaluan juga bisa memutih dan memerlukan perhatian medis. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan rambut kemaluan memutih, dikutip dari Medical News Today.

1. Infeksi Kutu

Kutu kemaluan adalah sejenis serangga parasit yang dapat membuat rambut terlihat putih meski meski tidak mengubah batang rambutnya. Telur kutu ini berwarna putih-kuning, sementara kutu dewasa berwarna putih keabu-abuan.

Gejala yang muncul dari infeksi kutu kemaluan yakni:

  • Telur kutu terlihat merayap di rambut kemaluan
  • Rasa gatal dan terbakar efek gigitan kutu
  • Luka yang muncul akibat gigitan kutu

2. Infeksi Jamur

Piedra putih alias infeksi jamur pada kemaluan ini bisa membuat rambut tampak memutih. Infeksi ini disebabkan oleh ragi trikomikosis, yakni yang membuat rambut berwarna putih. Infeksi jamur ini tak hanya menyerang rambut kemaluan, tetapi semua jenis rambut pada tubuh.

Infeksi jamur kemaluan ini dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada wanita.

Cara yang paling efektif untuk mengobati infeksi jamur ini adalah dengan mencukur rambut yang terinfeksi jamur. Selain mencukur, cara lainnya adalah dengan menggunakan krim antijamur.

3. Faktor Usia

Penuaan yang ditandai dengan rambut yang memutih tak hanya terjadi pada rambut kepala, tetapi rambut di seluruh tubuh termasuk kemaluan.

Seiring bertambahnya usia, kandungan melanin pada folikel yang memberi warna alami pada rambut mulai berkurang sehingga rambut berwarna abu-abu keputihan.

Namun tak hanya penuaan secara alami, penuaan prematur alias penuaan yang disebabkan beberapa faktor seperti kebiasaan merokok dan genetik juga dapat menyebabkan uban pada kemaluan.

4. Penyakit Vitiligo

Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit secara merata. Tak hanya kulit, vitiligo juga mempengaruhi rambut tubuh, termasuk kemaluan.

Vitiligo disebabkan oleh bagian yang memproduksi melanin pada kulit berhenti produksi atau mati. Biasanya dimulai dari daerah yang sering terpapar sinar matahari.

Beberapa peneliti menduga, vitiligo mungkin disebabkan oleh kondisi autoimun yang menyerang kulit atau suatu kondisi seperti sengatan matahari yang parah atau paparan bahan kimia tertentu.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT