4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Bercinta, Pasutri Wajib Tahu!

ADVERTISEMENT

4 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Bercinta, Pasutri Wajib Tahu!

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Sabtu, 24 Des 2022 22:00 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Ada beberapa hal yang tak boleh dilakukan setelah berhubungan intim, termasuk langsung tidur atau beristirahat. Sebab setelah berhubungan intim, seseorang perlu merawat diri dahulu, misalnya mandi, ganti pakaian, membersihkan area kelamin, dan lainnya.

Adapun tujuan hal ini agar terhindar dari bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, masih ada lagi hal yang tak boleh dilakukan. Dikutip dari Insider, berikut informasinya.

1. Membersihkan Vagina dengan Sabun

Beberapa wanita mungkin terdorong membersihkan area organ intim dengan sabun. Namun sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan tepat setelah bercinta.

Penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia dan parfum justru bisa memicu iritasi dan kekeringan pada vagina.

Secara alami, vagina memiliki bakteri baik di dalamnya. Zat asing dari sabun itu dikhawatirkan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri baik pada dinding vagina.

Jika Anda ingin mandi setelah berhubungan seks, cukup gunakan air biasa untuk membilas area organ intim.

2. Memakai Pakaian Ketat

Setelah berhubungan seks, kulit akan cenderung lebih hangat dan lembap berkat keringat, cairan vagina dan air mani.

Mengenakan pakaian ketat setelah berhubungan seks bukanlah ide yang bagus karena berpotensi memerangkap kelembapan sehingga lebih rentan terinfeksi jamur.

Baik pria atau wanita sebaiknya gunakan pakaian longgar berbahan nyaman supaya proses keluar-masuk udara tidak terhalang.

3. Main Handphone dan Nonton TV

Setelah berhubungan seksual, sebaiknya pasangan melakukan 'deep talk' daripada menonton tv atau bermain handphone. Pasalnya, setelah berhubungan seksual merupakan momen yang tepat untuk menjalin ikatan yang lebih dalam bersama pasangan.

"Menghabiskan waktu dengan pasangan akan meningkatkan hubungan intim. Kemudian tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin, yakni hormon ikatan," ujar DeLucia.

Hormon tersebut akan menciptakan hubungan antara sistem saraf yang baik untuk hubungan kedua pasangan.

4. Tidak Bersih-bersih

Setelah melakukan hubungan seksual, disarankan untuk membersihkan diri. Selain untuk buang air kecil, pasangan juga harus membersihkan area kelamin mereka.

Allison Hill dan Dr Yvonne Bohn seorang OBGYNS di Los Angeles Obstetricians and Gynaecologists, mengatakan bahwa penting untuk buang air kecil setelah berhubungan. Hal ini karena setelah aktivitas seksual, tubuh akan mendorong bakteri ke uretra yang akan menyebabkan infeksi saluran kemih.



Simak Video "Waspada Pelecehan Seksual pada Laki-laki"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT