Gonore Bisa Sembuh dengan Air Putih? Faktanya Sih Begini

ADVERTISEMENT

Gonore Bisa Sembuh dengan Air Putih? Faktanya Sih Begini

Fadilla Namira - detikHealth
Minggu, 25 Des 2022 20:00 WIB
Word Gonorrhea on a paper and pills on the wooden table.
Benarkah gonore bisa sembuh dengan minum air putih? Begini faktanya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Banyaknya miskonsepsi terhadap Penyakit Menular Seksual (PMS), termasuk gonore, membuat masyarakat salah paham terkait pengobatannya. Tak jarang seorang dari masyarakat menyebut gonore (kencing nanah) dapat disembuhkan dengan banyak mengonsumsi air putih. Lantas, benarkah semudah itu?

Gonore adalah Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menyebar melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom. Bahkan, ibu hamil berisiko tinggi menularkan bakteri tersebut kepada bayinya.

Baik pria maupun wanita yang memiliki faktor risikonya, bisa saja mengalami gonore tanpa ada batasan usia. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang merasakan tanda-tanda gonore sehingga kondisinya acap kali terlambat diobati. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut gejala gonore yang wajib diwaspadai wanita:

  • Perdarahan vagina abnormal di luar masa menstruasi
  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
  • Peningkatan cairan keputihan
  • Di sisi lain, pria lebih mudah mendeteksi gonore dengan memerhatikan gejalanya berikut ini:
  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Keluar cairan tak biasa dari penis
  • Testis bengkak atau nyeri.

Infeksi bakteri adalah pemicu utama gonore. Oleh karena itu, antibiotik merupakan satu-satunya pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan gonore. Dikutip dari Mayo Clinic, gonore umumnya ditangani dengan antibiotik suntik ceftriaxone dan azitromisin oral.

Jika pengidapnya alergi terhadap ceftriaxone, dokter mungkin memberikan pengganti berupa gemifloxacin oral atau gentamisin suntik. Perlu digarisbawahi, terapi pengobatan tersebut haruslah ditinjau langsung oleh dokter dan tidak bisa sembarangan didapatkan.

Lalu, apakah air berperan dalam kesembuhan gonore? Sebenarnya, air putih tidak ada hubungannya dengan penyakit menular ini. Namun, pengonsumsian obat jangka panjang tentu berdampak pada fungsi ginjal. Oleh sebab itu, minum air putih yang cukup sangat membantu ginjal membuang sisa-sisa racun atau zat yang tak terpakai dalam tubuh untuk nantinya dibuang melalui urine. Hal ini pun berguna menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ginjal supaya terhindar dari komplikasi serius.

Gonore sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah jika tidak segera diobati, seperti radang panggul pada wanita dan luka uretra pada pria. Sebagian besar kasus gonore dapat disembuhkan dengan obat yang tepat dan perawatan yang cepat.

Sebaik-baiknya pengobatan, pencegahan adalah hal yang utama. Cara yang paling diandalkan untuk mencegah gonore adalah dengan:

  • Tidak bergonta-ganti pasangan.
  • Selalu gunakan kondom selama hubungan seksual vaginal, oral, atau anal.
  • Memiliki pasangan tidak memiliki infeksi menular seksual.
  • Skrining gonore secara teratur, terutama bagi seseorang mempunyai faktor risikonya.


Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(Fadilla Namira/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT