Survei Ungkap Cedera yang Paling Sering Dialami Wanita saat Bercinta

ADVERTISEMENT

Survei Ungkap Cedera yang Paling Sering Dialami Wanita saat Bercinta

Celine Kurnia - detikHealth
Rabu, 11 Jan 2023 22:00 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic
Jakarta -

Sejumlah pasutri mendambakan momen aktivitas bercinta yang berkualitas dan penuh kemesraan. Namun rupanya jika tidak hati-hati, aktivitas seks bisa memicu cedera di beberapa bagian tubuh. Terutama, pada wanita.

Dikutip dari Mail Online, survei yang dilakukan LoveHoney terhadap 1.003 orang menunjukkan hampir separuh wanita pernah terluka saat berhubungan seks. Sementara itu, hanya 33 persen pria mengaku mengalami cedera sendiri saat berhubungan seks.

Memar adalah cedera seks yang paling umum, yaitu mencapai 33 persen.'Carpet burn' menyusul sebagai cedera terbanyak kedua sebesar 31 persen. 'Carpet burn' adalah goresan pada bagian bokong, paha, lutut, siku, tangan, atau wajah akibat bergesekan saat berhubungan intim. Infeksi Saluran Kemih (ISK) ikut menjadi tiga cedera paling umum sebesar 29 persen.

Sementara itu, 7 cedera lain adalah cedera otot, robekan vagina, cedera punggung, reaksi alergi, robekan anus, wasir, dan pergelangan kaki yang terkilir. Menurut para ahli, seks anal tidak menyebabkan wasir baru, tetapi memperburuk benjolan yang sudah ada.

Chantelle Otten, seksolog di Melbourne, memberikan tips untuk mengurangi cedera dalam berhubungan seks. Berikut tipsnya.

Jalani seks dengan hati-hati

Hati-hati melakukan 'interaksi' saat berhubungan seks. Kurangi melakukan seks kasar untuk menghindari memar. Jika sudah terjadi, kompres luka memar atau minum parasetamol.

Sempatkan buang air kecil

Usahakan buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan. Tujuannya untuk membuang bakteri jahat di uretra sehingga tidak terjadi ISK. Namun, menurut Dr Hilda Hutcherson, profesor kebidanan dan ginekologi di Columbia University, buang air kecil sebelum berhubungan hanya diperlukan jika seseorang sangat rentan terhadap ISK.

Jangan terburu-buru dalam memberikan rangsangan

Robekan vagina disebabkan karena banyaknya gesekan atau penetrasi yang kasar. Oleh karena itu, pastikan wanita terangsang sebelum melakukan penetrasi dengan penis, jari, atau mainan. Regangkan miss V dengan lembut dan gunakan banyak pelumas.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT