Rata-rata Kedalaman Miss V, Benarkah Bisa Meregang saat Seks?

ADVERTISEMENT

Rata-rata Kedalaman Miss V, Benarkah Bisa Meregang saat Seks?

Celine Kurnia - detikHealth
Minggu, 15 Jan 2023 19:30 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Ilustrasi vagina (Foto: iStock)
Jakarta -

Vagina adalah salah satu organ tubuh yang berperang penting bagi sistem reproduksi wanita. Alat vital ini digunakan tubuh untuk mengeluarkan menstruasi, menjadi saluran penghubung ke rahim, dan jalan keluar bayi saat melahirkan.

Dikutip dari Healthline, ukuran dan bentuk rata-rata alat kelamin wanita berbeda-beda. Beberapa wanita memiliki labia coklat atau kemerahan, namun ada juga yang berwarna merah muda atau keunguan. Kulit di sekitar area kewanitaan mungkin lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit keseluruhan.

Rata-rata saluran vagina memiliki panjang 3-6 inci atau setara dengan 7,62-15,24 cm. Ukuran ini dapat divisualisasikan kira-kira sepanjang telapak tangan. Namun, ukuran vagina bisa berubah dalam situasi tertentu seperti saat berhubungan intim atau melahirkan. Vagina tidak dapat diregangkan secara permanen, tetapi otot-otot di dalamnya bisa melemah.

Ketika berhubungan intim, saluran vagina bisa lebih panjang untuk mengakomodasi penetrasi. Gairah seksual membuat serviks dan rahim terangkat dan menyingkir. Hal ini menyebabkan dua pertiga bagian atas vagina memanjang. Jika penis atau mainan seks terasa mengenai leher rahim, artinya tubuh tidak cukup aktif untuk memungkinkan penetrasi penuh.

Saluran dan bukaan vagina akan banyak meregang ketika hendak melahirkan. Beberapa wanita yang melahirkan mungkin mengalami perubahan pada vagina mereka seperti terasa longgar, kering, atau terlihat lebih lebar dari sebelumnya. Vagina mungkin juga terasa sakit dan nyeri. Tidak perlu khawatir karena ini adalah kondisi yang normal.

Vagina menjadi lebih kencang dalam beberapa hari setelah melahirkan dan kembali ke ukuran semula sekitar 6 bulan kemudian. Meskipun tidak persis sama, tampilan vagina masih sangat mirip seperti sedia kala. Vagina bersifat elastis sehingga bisa melebar dan kencang kembali. Namun, pada wanita yang sering melahirkan atau usia lanjut, vagina menjadi kendur dari waktu ke waktu.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT