Kamis, 30 Jun 2016 15:31 WIB

True Story

Ayah Dibui Gara-gara Beri Pengobatan Rumahan untuk Anaknya yang Meningitis

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Facebook / Prayers for Ezekiel Foto: Facebook / Prayers for Ezekiel
Jakarta - Akibat hanya memberikan obat herba pada anaknya yang terkena meningitis, pasangan David Stephan (33) dan Collet Stephan (33) dari Kanada mendapat hukuman. David dipenjara selama empat bulan sementara Collet jadi tahanan rumah untuk tiga bulan.

Kejadian bermula pada tahun 2012 ketika sang anak yang masih berusia 19 bulan, Ezekiel Stephan, terkena meningitis. Sebuah kondisi peradangan pada selaput otak akibat infeksi virus atau bakteri dan dapat berakhir fatal.

Seorang perawat yang masih kerabat sudah memperingatkan kemungkinan untuk kondisi tersebut kepada keluarga. Namun bukannya membawa Ezekiel ke fasilitas kesehatan, orang tua hanya berusaha untuk 'meningkatkan kekebalan' tubuhnya dengan ramuan herba tradisional.

Baca juga: Anak Ini Sakit Meningitis, Tapi Hanya Diberi Pengobatan Rumahan

Beragam ramuan mulai dari campuran sirup maple, jus buah beri, cuka apel, lobak, cabai, bawang tumbuk, dan jahe diberikan untuk Ezekiel. Tapi hari demi hari kondisinya memburuk sampai akhirnya ia berhenti bernapas dan baru saat itu orang tua memanggil ambulans.

Setelah lima hari dirawat di RS nyawa Ezekiel tak tertolong.

"David sebetulnya mencintai anaknya, tapi hingga hari ini ia bersikeras menolak bahwa apa yang telah ia lakukan berkontribusi terhadap kematian Ezekiel," ujar Hakim Rodney Jerke seperti dikutip dari Fox News, Kamis (30/6/2016).

Kepada pengadilan David dan Collet mengaku tak menyukai pengobatan medis karena punya pengalaman negatif. Oleh sebab itu mereka berusaha mengobati anaknya dengan terapi-terapi alternatif.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Beri Ramuan Jahe ke Ibu Hamil (fds/vit)
News Feed