Selasa, 21 Feb 2017 12:07 WIB

Bermula dari Bayinya Tak Mau Menyusu, Ibu Ini Ternyata Kena Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Sarah Boyle / BBC Foto: Sarah Boyle / BBC
Jakarta - Sarah Boyle (26) dari Staffordshire, Inggris, adalah seorang pasien kanker payudara yang hingga saat ini masih menjalani pengobatan. Cerita bagaimana Sarah bisa mengetahui penyakit tersebut bermula dari ketika anaknya yang masih menyusui tiba-tiba saja berubah sikap.

Ketika itu sang anak, Teddy, masih berusia sekitar enam bulan dan tidak ada masalah menyusu. Hanya saja pada musim panas tahun lalu Teddy yang sehat tiba-tiba saja menolak tidak mau menyusu lagi.

Sarah mencoba berbagai posisi untuk menyusui Teddy tapi tetap ditolak. Akhirnya Sarah berpikir mungkin ada yang salah dengan payudaranya dan menyadari bahwa ada kista keras yang mulai terbentuk.

Baca juga: Berkat Anjing Peliharaan, Josie Berhasil Selamat dari Kanker Payudara

Pada tahun 2013 sebenarnya dokter sudah mendiagnosa ada tumor jinak pada payudara sebelah kiri. Oleh karena itu Sarah minta untuk diperiksa ulang tapi dokter mengatakan padanya agar tak usah khawatir.

Tapi kemudian Teddy tetap menolak untuk disusui dan Sarah bisa merasakan bahwa bentuk payudaranya mulai berubah. Akhirnya sekali lagi Sarah pergi menemui dokter untuk dibiopsi dan ternyata benjolan tersebut dikonfirmasi kanker.

"Saya ingat waktu itu jam 11:55 pada tanggal 16 November," kata Sarah.

"Tidak ada yang tahu pasti apakah Teddy benar menemukannya. Tapi yang jelas kalau bukan karena dia maka di waktu yang sama tahun depan mungkin situasinya berbeda kalau saya tetap mendengarkan saran dokter itu," lanjut Sarah seperti dikutip dari BBC, Selasa (21/2/2017).

Catherine Priestley dari Breast Cancer Care mengatakan bahwa memang ada cerita beberapa wanita bayinya jadi berhenti menyusui sebelum diagnosa kanker. Ada anekdot bahwa bayi dapat merasakan perubahan pada payudara namun hal tersebut belum diterima sebagai standar gejala kanker oleh profesi medis.

"Ada banyak alasan mengapa bayi tiba-tiba berhenti menyusui. Hal yang harus jadi prioritas adalah memeriksakan diri apabila ada perubahan baru pada payudara," kata Catherine.

Baca juga: Kena Kanker Payudara di Usia 17 Tahun, Begini Kisah Ratri (fds/vit)