Senin, 03 Jul 2017 08:05 WIB

Pria Ini Idap Kondisi Langka, Kulitnya Mengeras Seperti Kulit Pohon

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penyakit psoriasis yang membuat kulit mengeras bahkan bisa sampai seperti kulit kayu. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang pria di Provinsi Henan, China mengidap kondisi langka yang membuat kulitnya mengeras seperti kulit kayu. Akibatnya, ia dikucilkan dari lingkungannya.

Pria bernama Li Xitian tersebut dilaporkan hidup dalam isolasi, karena tetangganya takut tertular. Ini hanya salah satu dari berbagai mitos yang menyelimuti kondisi misterius pria berusia 58 tahun ini.

Mitos lain yang dikaitkan dengan kondisi tersebut adalah teori tukang cukur. Dikutip dari Dailymail, pria ini meyakini kondisinya dipicu oleh luka saat bercukur di tahun 1950-an. Bekas lukanya mengeras, dan sejak saat itu meluas hingga punggung dan bahkan kakinya.

Namun apa yang sesungguhnya dialami Li Xitian? Sebuah laporan di media lokal menyebut pria ini mengidap psoriasis, sebuah kondisi ekstrem yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan dipicu oleh faktor lingkungan.

Baca juga: Diduga Idap Sindrom Manusia Pohon, Wajah Bocah Ini Mulai Ditumbuhi 'Kayu'

Dikutip dari Mayo Clinic, psoriasis sebenarnya bukan kondisi langka. Kondisi tersebut membuat siklus hidup sel-sel kulit jadi lebih cepat, sehingga membuat permukaan kulit terasa kering dan lebih keras. Namun Li Xitian mengalami versi ekstrem dari kondisi tersebut.

Hingga kini tidak ada pengobatan yang benar-benar bisa menyembuhkan psoriasis. Perawatan yang ada saat ini bertujuan untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu cepat. Modifikasi gaya hidup seperti berhenti merokok dan mengurangi stres diyakini bisa membantu memperbaiki kondisi tersebut.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Bisa Muncul Fenomena Manusia Pohon

(up/wdw)