Sabtu, 24 Mar 2018 17:35 WIB

Bintang Slumdog Millionaire Umumkan Kena Tumor Langka Lewat Twitter

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
(Ilustrasi: Getty Images)
Jakarta - Lewat akun Twitter-nya, Irrfan Khan mengabarkan jika dirinya baru saja didiagnosis dengan sebuah kondisi yang disebut 'tumor neuroendokrin'.

Awalnya kabar ini disampaikan bintang Slumdog Millionaire dan Life of Pi itu pada tanggal 6 Maret silam. Namun saat itu ia hanya menuliskan 'penyakit langka' tetapi tidak menyebutkan penyakit apa yang dimaksud.

Hingga akhirnya pada tanggal 16 Maret yang lalu, ia menjelaskan penyakit apa yang diidapnya saat ini. Irrfan mencuit: '... Tahu bahwa aku telah didiagnosis dengan tumor neuroendokrin terasa sulit bagiku, namun cinta dan kekuatan yang diberikan orang-orang di sekitar telah memberikan harapan kepadaku. Dan aku minta semua orang untuk terus mengirimkan doa mereka. Namun tidak seperti rumor yang beredar, NEURO tidak selalu berkaitan dengan otak dan googling adalah cara mudah untuk mencari tahu...'






Sejumlah pakar mengungkap tumor neuroendokrin dapat berkembang di berbagai organ dalam tubuh seperti pankreas, perut, usus atau paru-paru.

Dikutip dari situs Web MD, tumor neuroendokrin tumbuh di dalam sel-sel yang bertugas memproduksi berbagai hormon, semisal pertumbuhan rambut, mood hingga gairah seks.

Namun tidak semua tumor neuroendokrin itu kanker yang juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ada kalanya tumor ini juga jinak. Hanya saja sebagian besar tumor ini tumbuh secara perlahan-lahan, bahkan dalam hitungan tahun.

Untuk penanganannya, dokter dapat mengangkat atau menciutkan tumor ini dengan sejumlah cara seperti operasi, kemoterapi atau obat-obatan, bergantung pada dimana tumor itu tumbuh dan berapa banyak jumlahnya.

Faktor penentu lainnya adalah apakah tumor neuroendokrinnya berupa kanker atau tidak dan apakah tumor ini sudah menyebar ke organ lain atau belum. Akan tetapi dengan pengobatan yang tepat, tumor ini dapat dihilangkan sepenuhnya.

(lll/up)