Jumat, 04 Mei 2018 17:15 WIB

Kisah dr Rezza, Dulu Kerempeng Sekarang Jadi Praktisi Kebugaran

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Dokter Rezza, dulu kerempeng kini jadi praktisi kebugaran. Foto: Instagram/rezzaprasetya
Jakarta - Sekilas melihat dr Rezza Prasetya Putra (25) asal Aceh, yang terbayang pertama kali adalah profesi model. Tak ada yang menyangka, dulunya pria dengan tinggi 172 cm dan berat badan 65 kg ini pernah kelewat kurus kerempeng.

Ia mengisahkan bahwa dulunya ia adalah seorang anak kecil yang terbiasa hidup dengan pola makan yang tidak sehat. Ia bahkan hanya makan 1 kali sehari dengan porsi kecil. Akibatnya, tubuhnya menjadi kecil dan kerempeng.

"Dibandingkan anak-anak lainnya saat saya SD, SMP, SMA, saya paling kecil. Itu membuat saya dibully," tuturnya kepada detikHealth.

"Saya akhirnya enggak boleh ikut kegiatan sekolah. Saya mau ikut dokter kecil, saya enggak boleh. Kan dari kecil memang pengin nih jadi dokter, saya ngintip akhirnya sampai pecah kacanya dan saya kena nih, sampai sekarang masih ada bekasnya. Akhirnya saya dibolehkan masuk," ungkapnya sambil menunjukan luka yang ada di jari tangan kanannya.

Mempunyai badan yang kecil membuatnya dibully, sampai-sampai ia sering dipalak oleh teman-temannya. Ia pun berubah menjadi anak yang introvert. Semenjak itulah, ia mempunyai tekad kuat untuk memiliki badan yang lebih kekar.


Rezza, dokter yang kini jadi praktisi kebugaran.Rezza, dokter yang kini jadi praktisi kebugaran. Foto: Instagram/rezzaprasetya

Tapi cita-citanya bukan hanya sekedar untuk punya badan kekar. Ia mengakut juga ingin menginspirasi orang lain untuk punya pola hidup sehat.

"Saya ingin menginspirasi generasi muda di luar sana untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat," ungkapnya.

Tinggal di Aceh Barat, daerah yang terkena dampak cukup besar karena Tsunami, tidak menjadikan mimpinya berhenti untuk menjadi seorang dokter. Malahan, ini membuatnya makin bersemangat untuk menggapai impiannya.

"Akhirnya, saya kan anak daerah nih, dulu pendidikan di Aceh Barat kurang bagus karena efek tsunami, tapi saya berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Beasiswa juga," kisahnya.


Makin kekar semenjak menerapkan gaya hidup sehat.Makin kekar semenjak menerapkan gaya hidup sehat. Foto: Instagram/rezzaprasetya

Kini, sukses menjadi dokter, Rezza juga bisa dibilang sukses mendapatkan tubuh kekarnya dengan pola hidup sehat yang ia terapkan. Pengalaman inilah yang menjadi titik balik baginya untuk berubah.

"Saya dipilih jadi Duta Wisata Aceh, juara 2, di tahun 2012. Kemudian Ambassador Public Health Asian Medical Students' Association Indonesia (AMSA) di bagian Sumatera tahun 2012. Di situ saya campaign soal mengurangi stigma HIV-AIDS.

Bahkan, dengan badannya yang kekar, ia berhasil menjadi finalis dari salah satu ajang pencarian pria berbakat dengan pola hidup yang sehat. Sekarang, siapa yang masih mau membullynya?


(ask/up)