Selasa, 03 Jul 2018 08:10 WIB

Dulu Kena Kanker, Dokter Ini Sekarang Rajin Maraton Bantu Pasien Lain

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Semangat jadi kunci Kamil bisa mengalahkan penyakit kankernya. (Foto: Instagram/kamilmoon_) Semangat jadi kunci Kamil bisa mengalahkan penyakit kankernya. (Foto: Instagram/kamilmoon_)
Jakarta - Kamil Muhammad adalah satu dari sekian banyak orang yang beruntung untuk sembuh dalam melawan kanker. Pria yang menetap di Kagoshima, Jepang, ini pertama kali mendapat diagnosis tumor di punggungnya pada bulan Oktober tahun lalu.

Setelah mendapat diagnosis Kamil sempat dirawat selama 3 bulan, namun kemudian ditemukan lagi tumor dengan jenis yang sama di bagian dada. Kamil yang sedang lanjut pendidikan S3 dalam ilmu bedah saraf pada akhirnya dinyatakan memiliki kanker, spesifiknya low grade fibromyxoid sarcoma.

Saat didiagnosa Kamil sengaja tak pulang ke Indonesia dengan harapan agar studi nya tetap berjalan, bahkan dia mengaku tetap membawa laptop ke rumah sakit agar bisa sambil mengerjakan tugas.



"Saat dirawatpun saya bawa laptop, seru deh," ujar Kamil kepada detikHealth.

Dari saat operasi terakhir bulan Desember Kamil harus menggunakan korset penyangga hingga akhir Februari lalu. Walaupun kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan Kamil dengan rasa percaya diri dan semangat yakin dapat sembuh.

Latar belakangnya di dunia medis membuat Kamil bisa menerima diagnosa dengan tenang dan berkonsultasi dengan rekan-rekannya yang juga megerti tentang hal ini.

Setelah melewati rangkaian terapi yang panjang, pada bulan Mei lalu Kamil dinyatakan bersih dari penyakitnya. "Saya dinyatakan bersih total pada bulan Mei lalu. Dinyatakan bersih dan tidak perlu dilakukan kemoterapi dan redioterapi," jelas Kamil.

Kamil saat ini aktif dengan kegiatan olahraga lari marathon. Hal ini ia lakukan sekaligus untuk menggalang dana amal bagi teman-teman lain yang sedang melawan kanker.

(fds/fds)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya