Kamis, 09 Agu 2018 11:21 WIB

Kisah Heroik Bidan yang Gugur Menyelamatkan Pasien Saat Gempa Lombok

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada secuplik kisah menyentuh dari gempa di Lombok. Foto: Ilustrasi/REUTERS/Beawiharta Ada secuplik kisah menyentuh dari gempa di Lombok. Foto: Ilustrasi/REUTERS/Beawiharta
Jakarta - Kisah heroik bukan hanya ada di film-film, tetapi dalam kehidupan nyata pun ternyata ada. Ialah seorang bidan yang menyelamatkan pasiennya saat gempa dengan kekuatan 7 SR mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Namanya Juliatun Toyyibah. Beliau itu piket sore sampai malam biasanya, kejadinya kan malam. Ia meninggal ketindihan bahan bangunan yang jatuh," ujar Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, Khairul Anwar, SKM, MKes kepada detikHealth, Rabu (8/8/2018).

detikHealth pun menelusuri kronologis kejadian meninggalnya sang bidan. Menurut keterangan Direktorat Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan yang berada di Lombok, bidan tersebut tertimpa reruntuhan saat mengevakuasi pasiennya.

Dia lagi nyelamatin pasien terus ketinggalan ada satu lagi, didoronglah keluar tapi dianya ketiban,Salah satu anggota Direktorat Pelayanan Kesehatan

"Dia lagi nyelamatin pasien terus ketinggalan ada satu lagi, didoronglah keluar tapi dianya ketiban," jelas salah satu staf Direktorat Pelayanan Kesehatan, Kamis (9/8/2018).

Diketahui, bidan tersebut berasal dari Puskesmas Santong, Lombok Utara. Pihak Direktorat Pelayanan Kesehatan sedang mengupayakan agar almarhumah diberi penghargaan atas aksi heroiknya tersebut.

Hingga tanggal 8 Agustus, TNI menyebutkan ada 226 korban meninggal dunia, 194 di antaranya berasal dari Kabupaten Lombok Utara.





Tonton juga 'Gili Trawangan Dihajar Gempa 6,2 SR, Warga Ngungsi':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed