Senin, 13 Agu 2018 11:05 WIB

Ginjal Rusak Parah, Wanita Ini Sulit Temukan Donor Organ

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sulit mencari donor bagi ginjalnya yang rusak parah, suami wanita ini memutuskan untuk donasi ginjalnya. Foto: Facebook Sulit mencari donor bagi ginjalnya yang rusak parah, suami wanita ini memutuskan untuk donasi ginjalnya. Foto: Facebook
Jakarta - Mengidap penyakit yang membuat ginjalnya rusak parah, seorang wanita asal Seattle, Washington membutuhkan transplantasi untuk bertahan hidup. Namun mendapatkannya tak semudah membalikkan telapak tangan.

Lesley Kennedy mengidap polycystic kidney disease, sebuah kondisi di mana ada sejumlah kista berisi cairan tumbuh dalam ginjal. Menurut National Kidney Foundation, jika kista ini tumbuh terlalu besar bisa merusak ginjal.

Dalam kasus Lesley kondisi ini sudah sangat memburuk hingga ia harus sering menjalani cuci darah. Perjalanannya mencari transplantasi ginjal yang cocok tidak mudah dan tidak secepat itu, dan kerap pasien yang sedang menanti transplantasi meninggal lebih dulu sebelum menemukan donornya.

"Tak semudah itu meminta ginjal seseorang. Itu bukan sesuatu yang bisa kamu minta dari sembarang orang di jalan dan bicara hei, mau nggak memberiku sebuah ginjal?" ungkap Lesley, dikutip dari FoxNews.


Teman-teman dan saudara Lesley menawarkan untuk mendonasikan ginjal mereka, namun tak ada yang cocok. Hingga akhirnya sang suami memutuskan ia yang akan menjadi donor dan setelah menjalani tes, beruntung ginjalnya cocok dengan istrinya.

Steve mengunggah momen-momen ia mendonasikan ginjalnya kepada istrinya di akun Facebooknya. Di mana ia sangat lega bahwa operasi tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.

"Ginjal donasi dariku kelihatannya bekerja dengan baik di rumah barunya dalam tubuh Lesley. Tapi mungkin sementara akan ada sedikit gangguan. Terima kasih untuk semuanya atas kasih sayang dan dukungannya," tulis Steve.




Kini pasangan yang gemar traveling itu telah kembali ke rumah dan sedang dalam masa pemulihan. Steve menyebut bisa berdonasi adalah hal yang terbaik yang pernah ia lakukan dalam hidupnya dan berharap orang lain dapat melakukan hal yang sama.

"Pertimbangkanlah donasi organ. Hal ini benar-benar merupakan berkah bagiku untuk bisa berdonasi. Apalagi untuk pasanganmu," tandasnya.






Tonton juga 'Melania Trump Jalani Operasi Ginjal':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed