Sabtu, 18 Agu 2018 17:18 WIB

Idap Sindrom Waardenburg, Bocah Ini Punya Mata Biru yang Sangat Indah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Abushe dengan mata biru karena Sindrom Waardenburg. Foto: Instagram/ericlafforgue Abushe dengan mata biru karena Sindrom Waardenburg. Foto: Instagram/ericlafforgue
Jakarta - Kisah seorang bocah di Jinka, Ethiopia menarik perhatian banyak orang terutama para traveller atau wisatawan asing yang berkunjung ke sana.

Namanya Abushe, bocah laki-laki yang memiliki warna mata yang benar-benar indah dengan warna biru cerah. Sangat jarang sekali ditemukan seseorang bermata biru di Ethiopia.

Dikutip dari The Weekly Observer, Abushe dilahirkan dengan Sindrom Waardenburg, yaitu kondisi genetik langka yang memengaruhi warna kulit, rambut, dan mata seseorang. Itu juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Ketika lahir, orang tua Abushe mengira bahwa ia mengalami kebutaan. Kondisi ekonomi yang rendah membuat kedua orang tuanya tidak bisa memeriksakan kondisi Abushe ke dokter.

Orang tuanya pun menyebut kondisi langka yang dialami Abushe adalah 'pemberian Tuhan'.


Kehidupan Abushe tidaklah mudah. Ia sering di-bully teman-temannya. Mereka menyebutnya jelek, 'mata plastik' dan 'monster'. Terkadang mereka memukul dan juga menendangnya.

Bagaimanapun, Abushe membiarkan itu semua. Ia memiliki mimpi menjadi pemain sepakbola. Apa yang dinginkannya adalah bermain untuk Klun Sepakbola Barcelona suatu hari nanti.

Kasus Sindrom Waardenburg yang dialami Abushe ini terjadi sekitar 1 dari 42.000 orang. Orang-orang dari semua ras bisa rentan terhadap sindrom ini. Sindrom Waardenburg bisa diwariskan atau dapat berkembang secara spontan melalui mutasi gen seperti dikutip dari Health Line.

(wdw/up)
News Feed