Senin, 03 Sep 2018 11:31 WIB

Kasihan! Penyakit Langka Bikin Wanita Ini Hanya Mandi 2 Kali Setahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Wanita di Inggris alami penyakit langka yang sebabkan dirinya hanya mandi dua kali dalam setahun. Foto: thinkstock Wanita di Inggris alami penyakit langka yang sebabkan dirinya hanya mandi dua kali dalam setahun. Foto: thinkstock
Jakarta - Mandi adalah salah satu kegiatan yang selalu kita lakukan setiap hari. Namun tidak bagi Maxine Jones, mantan perawat dari Ecclesfield, South Yorkshire, Inggris.

Maxine mengidap suatu penyakit langka yang disebut urticaria aquagenic, yaitu suatu kondisi di mana kulit mengalami hipersensitivitas terhadap air.

Karena penyakit itu, Maxine hanya bisa mandi dua kali dalam setahun. Ia juga tidak bisa keluar saat hujan, dan bahkan harus mengenakan sarung tangan saat menyikat gigi dan membuat teh.

"Jika saya menyentuh air, rasa sakitnya mengerikan. Rasanya seperti saya telah menghancurkan setiap tulang di kaki saya, dan tubuh saya gatal seperti saya telah berguling di tempat tidur jelatang (tumbuhan yang menyebabkan gatal)," ujar wanita berusia 52 tahun itu dikutip dari Daily Mail.



Gejala penyakitnya ini mulai dirasakannya sekitar delapan tahun lalu. Dokter pun memeriksa dengan segala cara namun belum dapat mengonfirmasi bahwa penyakit itu adalah urticaria aquagenic. Namun setelah satu tahun berlalu, benarlah Maxine mengidap penyakit langkan tersebut.

Maxine mengatakan bahwa penyakitnya itu menyerang seluruh tubuh kecuali bagian hidung, mata, dan mulutnya. Ia membutuhkan steroid dosis berat untuk mengatasi gatal-gatal dan lecet ketika mandi.

Dia mencoba berbagai perawatan untuk mengendalikan kondisinya, termasuk kemoterapi dan pil. Namun tidak ada yang membantu. Kemudian mantan perawat itu mengombinasikan beberapa tablet untuk membantu menjaga kondisinya, ia menyebut tablet-tablet itu digunakan untuk penyakit kusta.

"Terkadang terasa seperti hukuman penjara. Ini penyakit yang menyengsarakan dan saya tidak menginginkannya terjadi pada siapapun, tetapi Anda harus belajar untuk hidup dengannya," ungkap Maxine.

Urticaria aquagenic diduga menyerang satu dari setiap 230 juta orang. Dan menurut The British Association of Dermatologists, penyakit ini sangat langka dan belum ditemukan obatnya.




Saksikan juga video 'Wanita Ini Alergi Air Mata dan Rambutnya Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]

Kasihan! Penyakit Langka Bikin Wanita Ini Hanya Mandi 2 Kali Setahun
(wdw/frp)