Rabu, 19 Sep 2018 08:35 WIB

True Story

Cerita Pria yang 10 Tahun Hidup dengan Psikosis

Christantio Utama - detikHealth
Ilustrasi. Foto: thinkstock Ilustrasi. Foto: thinkstock
Jakarta - Luke Watkins mengaku mulai mendengar suara aneh pertama kali pada umur 12 tahun. Awalnya ia hanya mendengarkan suara, sampai akhirnya mendengarkan kalimat yang seperti berbicara padanya.

Gejala yang dialami oleh Luke merupakan salah satu tanda dari kondisi kesehatan mental, psikosis. Gejala utama dari psikosis adalah timbulnya halusinasi dan delusi yang disebabkan oleh kondisi kesehatan mental tertentu seperti skizofrenia, bipolar, atau depresi.

Psikosis juga dipicu dari pengalaman traumatis, stres, obat-obatan, serta konsumsi alkohol. Orang yang menderita psikosis memiliki risiko lebih tinggi untuk melakukan penyiksaan dan bunuh diri. Para ahli mengatakan penting untuk mengenali gejala psikosis sejak dini agar mendapatkan perawatan lebih efektif.


Luke pernah mencoba berbicara dengan seorang guru, tetapi tidak ada penanganan lebih lanjut. Jadi dia memutuskan untuk tetap bergerak maju dan tidak membicarakan hal bahkan kepada orangtuanya ini sampai ia memutuskan untuk berhenti kuliah di tahun ketiganya.

"Ketika saya mencapai titik terendah dari penyakit mental ini, saya memutuskan untuk menghilang. Cukup jelas bagi keluarga saya bahwa ada sesuatu yang salah dan berusaha untuk mencari tahu hal itu lebih dalam," ujarnya dikutip dari BBC.

Setelah itu, Luke akhirnya mengunjungi dokter dan mendapatkan obat anti-psikotik dan terapi psikologis. Saat ini, dia membantu mendukung orang yang sedang mengalami hal yang sama. Bahwa terdapat perubahan ketika lebih terbuka mengenai penyakit yang diidapnya.

"Jauh lebih mudah untuk membicarakan apa yang kau alami daripada menyembunyikannya. Saya merasa cukup puas sekarang saat saya memberitahu orang lain tentang (psikosis) ini," ungkapnya.




Saksikan juga video 'Apa Saja Ciri-ciri Gangguan Bipolar?':

[Gambas:Video 20detik]

(Christantio Utama/up)
News Feed