Rabu, 26 Sep 2018 07:28 WIB

Dua Kali Kalahkan Kanker, Begini Nasib Wanita Ini Sekarang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kanker. Foto: thinkstock Ilustrasi kanker. Foto: thinkstock
Jakarta - Sebagai orang yang sehat, kita seharusnya bersyukur karena tidak ditimpakan penyakit serius yang dapat mengancam jiwa seperti yang dialami seorang wanita di California. Namanya Emilee Garfield, yang pernah mengalahkan penyakit kanker sebanyak dua kali.

Dikutip dari Daily Mail, Emilee terlahir dengan rhabdomyosarcoma embrional, yaitu kanker jaringan ikat langka yang berkembang dari masa embrio. Namun, kondisinya ini tidak terdiagnosis hingga usianya empat tahun pada tahun 1980.

"Saya menderita kanker pertama saya di usia empat tahun. Saya adalah seorang anak yang pemalu karena kanker dan menjadi sangat tidak aman. Saya tumbuh dengan banyak rasa malu, tubuh saya dan semua bekas luka saya," ujarnya.

Ia harus menjalani pengobatan radiasi dan kemoterapi selama dua tahun di rumah sakit. Hingga akhirnya pada tahun 1982, dokter menyatakan bahwa Emilee terbebas dari penyakit tersebut.



Sudah menjalani bertahun-tahun hidupnya tanpa membuka suara mengenai kanker yang pernah diidapnya pada masa kanak-kanak, Emilee mulai mengalami gejala aneh, seperti BAB berdarah, sakit perut, kembung, sering buang air kecil, seks yang terasa menyakitkan, dan bahkan perdarahan saat berhubungan seksual di vaginanya.

Emilee pun harus melakukan serangkaian pemeriksaan, mulai dari CAT scan hingga ultrasonografi transvaginal. Tak diduga, dokter mendiagnosisnya dengan kanker ovarium stadium 3C pada Januari 2015.

Dokter menyarankannya untuk melakukan 19 perawatan kemoterapi dan operasi untuk mengangkat tiga tumor yang bersarang di usus besar, kandung kemih, dan di dubur serta vaginanya.

"Menoleh ke belakang, sekarang saya tidak bisa menyalahkan siapa pun. Ini adalah kanker yang sulit dideteksi, tetapi lebih banyak dokter, terutama dokter umum, perlu dididik tentang semua tanda dan gejala ini," ungkap Emilee.

Emilee merasa hidupnya jadi berantakan. Ia mengaku ingin selalu mengeluh karena rasa sakit yang ia rasakan. Tetapi, ketiga anaknya lah yang membuatnya menjadi kuat.

Setelah menjalani berbagai macam pengobatan, Emilee pun dinyatakan sembuh lagi dari kanker. Emilee mulai belajar mencintai tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Aktivitasnya itu kerap kali dituangkan dalam akun Instagram @cancersavedmylife.

"Di masa lalu saya marah pada kanker dan selalu bertanya 'mengapa saya?'. Hari ini yang telah berubah, yang merupakan transformasi lengkap dalam hidup saya," katanya.

Agar bisa menerima dengan ikhlas dan untuk pemulihan, Emilee meyakini bahwa berpikir positif dapat membuatnya lebih mudah.





Saksikan juga video 'Cerita Aryanthi Baramuli, Survivor Kanker Payudara':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed