Selasa, 30 Okt 2018 17:21 WIB

Wajah Melorot Sebelah Gara-gara Kutu Masuk ke Telinga

Firdaus Anwar - detikHealth
Kelumpuhan membuat wajah sebelah kanan Olivia tampak melorot. (Foto: ABC Australia) Kelumpuhan membuat wajah sebelah kanan Olivia tampak melorot. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Ketika Olivia Pozzan dari Queensland, Australia, terbangun di awal Oktober ini dengan telinga yang sakit berdenyut, ia menganggapnya sebagai infeksi sinus biasa dan berusaha menyembuhkannya dengan obat radang. Hal yang tidak disadari Olivia adalah saat itu sebetulnya ada kutu yang masuk ke saluran telinga kanan.

Selama beberapa hari Olivia menjalani hidup dengan normal karena obat antiradang tampaknya sekilas berhasil mengatasi masalah. Namun sekitar seminggu kemudian dirinya mulai mengalami muntah-muntah, vertigo, dan lumpuh wajah sebelah kanan.



"Sampai saya terbangun dengan muntah-muntah hebat, vertigo, dan lumpuh wajah baru saya sadar kalau ini sesuatu yang lebih serius. Semuanya terjadi di bagian kiri wajah saya," kata Olivia seperti dikutip dari ABC Australia, Selasa (30/10/2018).

Di rumah sakit enam dokter memeriksa telinga kanan Olivia tapi tidak menemukan apa-apa karena kotoran yang menumpuk. Salah satu dokter memutuskan untuk membersihkan kotoran tersebut dan tidak disangka ternyata ada seekor kutu berukuran besar sekitar satu sentimeter.

"Sampai giliran dokter yang ketujuh membersihkan kotoran telinga saya dan menemukan ada kutu yang bersembunyi. Ia punya banyak waktu untuk tumbuh," kata Olivia.

Dengan menggunakan cairan khusus untuk membunuh kutu dan mengeluarkannya dari telinga. Olivia masih harus beristirahat dengan kondisi kelumpuhan wajahnya sudah membaik beberapa hari belakangan ini.

(fds/up)
News Feed