Kamis, 22 Nov 2018 19:01 WIB

Kisah Pria yang Ingatannya Hanya Mampu Bertahan 10 Menit

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang pria kehilangan kemampuan menyimpan ingatan sehingga harus mengandalkan catatan. (Foto: ilustrasi saraf otak) Seorang pria kehilangan kemampuan menyimpan ingatan sehingga harus mengandalkan catatan. (Foto: ilustrasi saraf otak)
Jakarta - Chen Hong-zhi (26) dari desa kecil di Hsinchu, Taiwan, sekitar sembilan tahun yang lalu terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Chen selamat namun hipokampusnya, bagian otak yang bertanggung jawab terhadap ingatan, mengalami kerusakan parah.

Dampaknya Chen kehilangan kemampuan menyimpan ingatan jangka pendek. Apa saja yang dilakukan atau diamati oleh Chen akan dilupakannya setelah lima sampai 10 menit kemudian.

Untuk menghadapi hal ini Chen yang tinggal bersama ibu angkatnya harus mengandalkan buku catatan. Setiap hari dengan teliti Chen mencatat kemana saja ia pergi, dengan siapa saja ia bertemu.



"Saya menggunakan buku catatan untuk mengingat siapa saja yang saya bantu hari ini, apa saja yang sudah saya kerjakan di ladang... Catatan ini adalah ingatan saya," kata Chen seperti dikutip dari Reuters, Kamis (22/11/2018).

"Saya pernah kehilangan buku catatan saya. Saya sangat sedih sampai menangis meminta bantuan ayah untuk menemukan buku itu," lanjut Chen.

dr Lin Ming-teng dari Rumah Sakit Umum Veteran Taipei yang menangani Chen mengatakan kemajuannya cukup baik. Chen sudah kehilangan sebagian otak dan fungsinya namun tetap berusaha untuk bisa hidup senormal mungkin dengan cara sendiri.

"Kalau di X-ray kita bisa lihat ada bagian otak Chen yang warnanya hitam, ini adalah bagian yang kami operasi saat kecelakan. Setelah kehilangan sebagian otak, menakjubkan baginya bisa seperti sekarang," kata dr Lin.

(up/up)
News Feed