Selasa, 11 Des 2018 15:01 WIB

True Story

Berkat Foto, Seorang Bocah Ketahuan Idap Kanker Mematikan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebuah foto iseng-iseng malah mengantarkan kedua orang tua asal Inggris ini pada fakta mengerikan. Dave Fletcher (39) melihat pose lucu sang anak yang sedang tertidur di ayunan dan memutuskan untuk mengambil fotonya, di mana tak terduga justru menunjukkan bahwa tanda-tanda ia mengidap leukemia.

Saat foto itu diambil, Izzy masih berusia 23 bulan. Rupanya waktu itu ia tidak tertidur, melainkan kelelahan yang menjadi salah satu gejala penyakit kanker darah tersebut. Kini berusia 3 tahun, Izzy harus menjalani hampir 570 dosis kemoterapi yang menyakitkan.

"(Ketika itu) cuma jalan-jalan siang biasa ke ayunan. Dia sedang berayun, dan saat aku berbalik arah untuk melihatnya, dia telah tertunduk tidur. Terlihat mengantuk sekali tapi aku tidak berpikir apa-apa, kukira itu momen yang sangat lucu jadi aku memotretnya, seperti biasa," aku Dave, dikutip dari Fox News.


Setelah itu, ia melanjutkan, Izzy terlihat selalu kelelahan, beberapa kali demam dan ada ruam-ruam merah di kakinya. Namun tetap ia dan istrinya Vicky (37) berpikir bahwa hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang normal terjadi pada balita.

Setelah membawanya ke dokter dan menjalani tes darah, ruam-ruam tersebut malah menyebar dan Izzy mengalami panas tinggi. Dave dan istrinya langsung membawa anak mereka ke rumah sakit dan dokter mendiagnosisnya positif mengidap leukemia.

Dave mengaku sangat terkejut menerima diagnosis tersebut, apalagi ada salah seorang keluarganya juga meninggal akibat leukemia lima tahun lalu. Namun ia merasa sedikit beruntung karena Izzy terdiagnosis lebih awal dan menjalani pengobatan dengan sangat baik, sehingga setidaknya membuat mereka sedikit optimis.


Ia mengimbau kepada seluruh orang tua untuk tidak mengabaikan tanda-tanda apapun dan segera sigap untuk memeriksakan sang anak ke dokter.

Leukemia atau yang sering salah ditulis leukimia adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak, terutama di Indonesia. Karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk menyadari dan memahami deteksi dini yang bisa dilakukan mengenai tanda-tanda yang muncul pada jenis kanker yang satu ini.

"Kalau gejalanya umum, dimiliki penyakit-penyakit lain. Intinya dia ada pucat, anemia, sering mengalami infeksi karena tertekan itu neutrofil jadi dia panas-panas, atau nyeri tulang, dan lain-lain. tapi ingat itu juga dimiliki penyakit lain," kata Prof Dr Max F.j. Mantik, SpA(K) saat ditemui usai Seminar Ilmiah 'Pengenalan Dini dan Penanggulangan Kanker Anak' Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), di Manado, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

(frp/up)