Selasa, 18 Des 2018 08:15 WIB

Mata Berbintang Gara-gara Pukulan Keras ke Wajah

Firdaus Anwar - detikHealth
Mata sang pria berbintang setelah wajahnya kena pukulan. (Foto: BMJ Case Reports) Mata sang pria berbintang setelah wajahnya kena pukulan. (Foto: BMJ Case Reports)
Jakarta - Di film kartun kita bisa menemukan ekspresi beberapa karakter mengalami bintang-bintang berputar di kepalanya setelah terhantam benda keras. Siapa sangka kalau hal serupa ternyata bisa juga terjadi di dunia nyata seperti dialami seorang pria dari India.

Dalam laporan di jurnal BMJ Case Reports, pria berusia 36 tahun tersebut awalnya datang ke rumah sakit di kota Chandigarh dengan keluhan penglihatan yang buram. Kepada dokter ia bercerita beberapa hari yang lalu berkelahi dan menerima pukulan keras di wajah.



Dr Rohan Singh dari Government Medical College and Hospital Chandigarh yang menangani kasus ini menemukan bahwa ternyata sang pria punya katarak di mata kirinya. Lebih menarik lagi katarak berbentuk bintang dengan lima kelopak sempurna.

Menurut dokter kemunculan katarak bintang beberapa hari setelah mengalami trauma adalah kejadian yang cukup langka. Kemungkinan hal ini terjadi karena pukulan menghasilkan gelombang kejut yang menjalar mengganggu susunan serat dan protein mata sehingga berujung pada opafikasi (pengaburan).

Bila tidak segera ditangani ada kemungkinan katarak akan semakin besar menimbulkan masalah mulai dari gangguan penglihatan hingga sensitif terhadap cahaya.

Untuk mengobatinya Dr Rohan melakukan operasi pada mata kiri sang pria. Lapisan mata yang mengalami katarak diangkat lalu diganti dengan lensa baru. Seminggu setelah operasi penglihatan sang pria dilaporkan sudah kembali pulih.

(fds/ask)