Senin, 28 Jan 2019 12:52 WIB

Cerita Wanita yang Wajahnya Nyaris Tertutup Jerawat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jerawat nyaris menutupi seluruh wajah wanita ini. Foto: ilustrasi/thinkstock Jerawat nyaris menutupi seluruh wajah wanita ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sejak remaja, Grace Nesbitt asal Philadelphia, Amerika Serikat, mengidap cystic acne. Yakni salah satu bentuk terparah dari jerawat, di mana muncul benjolan-benjolan lunak kemerahan di bawah kulit yang terasa sangat sakit dan sulit untuk sembuh.

Sakit dan nyeri tersebut ia rasakan saat makan atau tersenyum. Wanita berusia 23 tahun ini sudah mencoba segala macam diet untuk membersihkan jerawatnya, mulai bebas gluten, bebas produk susu hingga makan sehat secara umum dan juga olahraga lebih rutin.

Sempat malu dan menolak untuk pergi keluar, Grace juga menjalani tes untuk mengecek apakah ada ketidakseimbangan hormon atau alergi yang menyebabkan wajahnya penuh jerawat. Akan tetapi sejauh ini, ia masih belum mendapatkan jawaban.


"Banyak orang yang suka memberikan masukan atau pendapat mereka, atau memberitahuku apa yang seharusnya aku lakukan. Mereka pikir aku nggak membersihkan wajahku atau merawat tubuhku dengan benar. Aku sadar bahwa aku harusnya menerima jerawatku ini dan mulai mencintai diriku sendiri lagi," kata Grace yang bekerja sebagai seorang stylist ini.

Dikutip dari Metro, Grace memulainya dengan membuat laman Instagram di mana ia mengunggah foto dirinya tanpa riasan dan membagikan pengalamannya. Ia juga mulai memberanikan diri untuk keluar rumah tanpa riasan sama sekali dan berhasil.

"Tujuanku selanjutnya adalah mencoba berkumpul dengan teman-temanku tanpa harus mengandalkan riasan untuk menutupi jerawatku. Aku cukup terkejut aku sama sekali nggak merasa ada serangan panik [saat keluar rumah pertama kali]." lanjutnya.

Ia berharap pengalamannya dapat menolong yang lainnya sebagaimana hal tersebut menolong dirinya. Grace juga mencoba untuk mengubah ungkapan bahwa jerawat membuat seseorang tampak jelek.





Simak juga video 'Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)