Senin, 28 Jan 2019 14:31 WIB

Pria Mabuk Telan Lele Berbisa Hidup-hidup, Berakhir di Meja Operasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Nasib ikan lele yang kini dipajang di museum. (Foto: Acta Oto-Laryngologica Case Reports/Linda B. L. Benoist) Nasib ikan lele yang kini dipajang di museum. (Foto: Acta Oto-Laryngologica Case Reports/Linda B. L. Benoist)
Jakarta - Terinspirasi dari sebuah tayangan televisi, seorang pria berusia 28 tahun dari Belanda punya ide iseng untuk menelan ikan hidup-hidup saat sedang pesta minum. Tanpa pikir panjang ia menelan ikan lele Corydoras aeneus yang dipelihara di aquarium.

Hal yang terjadi berikutnya sang pria mulai tersedak. Dilaporkan dalam jurnal Acta Oto-Laryngologica Case Reports sang pria mulai meronta berusaha memasukkan dua jari ke mulutnya untuk menginduksi reflek muntah namun ikan tetap tersangkut di kerongkongan.

Lele Corydoras meski ukurannya kecil (5-8 sentimeter) diketahui memiliki sistem pertahanan alami duri berbisa di sirip pektoralnya. Ketika ikan mengalami stres, misal dimakan predator, sirip dapat berdiri tegak dan memompa bisa di dalam mulut penyerangnya.



Setelah beberapa jam berlalu tidak bisa mengeluarkan ikan sang pria akhirnya memilih pergi ke rumah sakit. Dokter melakukan pemeriksaan dan menemukan apa yang disebut "struktur mirip ikan".

"Ia tidak kesulitan bernapas namun lehernya bengkak dan kesulitan menelan ludah sendiri. Fungsi organ vitalnya normal...," tulis dokter seperti dikutip dari jurnal pada Senin (28/1/2019).

Sang pria memerlukan operasi untuk mengangkat ikan yang tersangkut. Dokter bedah dengan hati-hati mencabut duri dari jaringann sensitif kerongkongan.

Beruntung operasi berjalan sukses dan pemeriksaan lanjutan pada Maret 2017 lalu melihat sang pria sudah pulih. Sedangkan nasib ikan lele sendiri sudah mati ketika diangkat dari sang pria dan tubuhnya kini diawetkan di museum Rotterdam Natural History.






Simak juga video 'Rooney Ditangkap Polisi Karena Mabuk di Washington':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)