Kamis, 07 Feb 2019 10:00 WIB

Tragis! Disangka Kena Kanker, Ginjal Sehat Diangkat Dua-duanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kesalahan diagnosis berdampak fatal pada seorang pasien kanker (Foto: iStock) Kesalahan diagnosis berdampak fatal pada seorang pasien kanker (Foto: iStock)
Jakarta - Nenek berusia 73 tahun meninggal setelah dua ginjalnya diangkat karena salah diagnosis. Disangka kena kanker, rupanya ginjalnya baik-baik saja.

Linda Wooley asal Colorado mengalami serangan jantung yang fatal saat menunggu antrean cangkok organ. Kedua ginjalnya diangkat karena didiagnosis kena kanker 8 bulan sebelumnya, yakni pada Maret 2018.

Namun hasil biopsi atau pemeriksaan jaringan beberapa waktu kemudian menunjukkan tidak ada tanda-tanda keganasan. Dokter menyadari ada kesalahan setelah melakukan biopsi pasca operasi dan mendapati tidak ada kanker di sana.



Sayangnya ginjal yang sudah diangkat tidak bisa dikembalikan begitu saja. Linda harus menjalani cuci darah atau dialisis 4 jam sehari, 3 kali sepekan. Ginjal adalah organ vital untuk menyaring kotoran dalam darah.

"Saya merasa mereka utang ginjal kepada saya pastinya," katanya dalam sebuah wawancara tahun lalu, dikutip dari Dailymail.

Seseorang bisa hidup normal dengan hanya satu ginjal. Tetapi bila tidak ada ginjal sama sekali, maka ia harus menjalani dialisis atau cuci darah secara rutin hingga mendapat cangkok ginjal.

Linda mengalami serangan jantung baru-baru ini dan akhirnya meninggal dunia.





Simak juga video 'Bisakah Ginjal Hilang Saat Operasi?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)
News Feed