Senin, 11 Feb 2019 15:10 WIB

Remaja Ini Buat Sendiri Tangan Bioniknya Pakai Mainan Lego

Firdaus Anwar - detikHealth
Mainan bongkah plastik Lego dijadikan bahan untuk membuat tangan bionik. (Foto ilustrasi: Reuters/Stefan Wermuth) Mainan bongkah plastik Lego dijadikan bahan untuk membuat tangan bionik. (Foto ilustrasi: Reuters/Stefan Wermuth)
Jakarta - David Aguilar (19) memiliki kondisi genetik yang membuat dirinya lahir dengan tangan kanan tidak terbentuk sempurna. Hal ini membuat David merasa rendah diri dan karena ingin beradaptasi ia pun mulai berusaha membuat tangan bionik di usia sembilan tahun.

"Saya ingin... melihat diri saya di cermin seperti orang lain, dengan dua tangan," kenang David seperti dikutip dari Reuters (11/2/2019).



Apa yang digunakan David kala itu adalah mainan bongkah plastik favoritnya, Lego. Tangan bionik yang dibuat David awalnya sederhana namun dengan tiap versi yang baru kemampuan tangan untuk mengeksekusi gerakan rumit semakin bertambah.

Tangan bionik Lego terbaru hasil ciptaan David bisa bergerak luwes pada sendi-sendinya dan menggenggam benda. Remaja yang kini kuliah bioteknologi di Universitat Internacional de Catalunya, Spanyol, ini punya cita-cita bisa membuat tangan bionik murah untuk mereka yang membutuhkan.

Di Youtube David mempresentasikan tangan-tangan bionik yang ia beri nama MK diikuti angka, seperti tokoh pahlawan super Iron Man yang jadi sumber inspirasinya.

David ingin ke depan agar orang-orang tidak menganggap remeh disabilitas karena menurutnya tidak ada hal yang bisa jadi halangan.

(fds/up)
News Feed