Rabu, 06 Mar 2019 08:06 WIB

Menyedihkan, Ibu dan Bayinya Diusir dari Pesawat Karena Kondisi Kulit

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi ibu dan bayi terusir dari pesawat karena kondisi kulit yang memerah dan mengelupas. Foto: iStock Ilustrasi ibu dan bayi terusir dari pesawat karena kondisi kulit yang memerah dan mengelupas. Foto: iStock
Jakarta - Jordan Flake dan bayinya diminta turun dari pesawat American Airlines karena kondisi kulit mereka yang memerah dan mengelupas. Padahal kondisi kulit mereka ini genetik dan tidak menular atau disebabkan oleh infeksi.

Dikutip dari ABC News Australia, saat Jordan tak mengalami masalah saat check-in di bandara atau melewati bagian keamanan. Namun sebelum pesawatnya lepas landas, ada seorang pria yang meminta orang yang duduk di sampingnya untuk berdiri.

"Ia lalu bertanya perlahan kepadaku soal 'ruam' di kulitku dan apakah aku punya surat dokter yang memperbolehkanku untuk terbang. Walaupun aku sudah memberitahu mereka soal kondisiku, mereka tetap memintaku untuk turun dari pesawat," katanya.



Jordan dan anak laki-lakinya sama-sama memiliki kelainan genetik kulit yang ditunjukkan dengan kulit kering dan tebal. Mereka berdua lahir dengan kondisi tersebut, yang bernama ichtyosis, yang juga menimbulkan pengelupasan kulit mati lebih lambat dan membuat tumpukan sel-sel mati di bagian kulit kering.

Namun penyakit ini tidak menular dan tidak disebabkan oleh infeksi. Ia juga mengatakan tak pernah bermasalah saat naik pesawat sebelumnya, atau menunjukkan bukti apapun. Pihak maskapai sudah meminta maaf atas masalah tersebut dan akan mengembalikan uang Jordan.

"Berhentilah menjadi ignoran dan berilah waktu untuk mendengarkan orang lain. Aku seharusnya nggak perlu menjelaskan. [Dan] aku tak pernah merasa sangat dipermalukan seumur hidupku," tulis Jordan di sebuah platform berbagi cerita online, dan telah dibagikan ulang sebanyak 6.500 kali.




(frp/up)
News Feed