Selasa, 19 Mar 2019 11:40 WIB

Iseng Jadikan Jus Buah Sebagai Infus Intravena, Wanita Ini Dirawat di RS

Firdaus Anwar - detikHealth
Bayangkan kalau cairan kental jus ini langsung disuntikkan ke aliran darah. (Foto: iStock) Bayangkan kalau cairan kental jus ini langsung disuntikkan ke aliran darah. (Foto: iStock)
Jakarta - Infus intravena adalah metode yang biasa digunakan tenaga medis untuk memasukkan cairan khusus berisi obat atau nutrisi tertentu lewat pembuluh darah agar cepat diserap tubuh. Nah satu wanita di Chenzhou, China, terinspirasi hal tersebut punya ide mengonsumsi jus buah lewat infus intravena.

Dilaporkan oleh Xiaoxiang Morning Herald, Zeng (51) mengaku hanya iseng ketika tanggal 22 Februari lalu membuat jus dari 20 macam jenis buah. Ia berpikir manfaat nutrisi jus buah mungkin akan lebih 'terasa' bila dikonsumsi lewat infus yang diinjeksikan ke pembuluh darah.



"Saya pikir buah segar sangat bernutrisi dan tidak akan membahayakan bila langsung disuntikkan ke tubuh," kata Zeng dikutip dari South China Morning Post pada Selasa (19/3/2019).

Apa yang terjadi ketika jus buah langsung masuk ke aliran darah? Awalnya Zeng merasa gatal dan suhu tubuh naik. Hingga pada akhirnya kondisi tubuh Zeng memburuk dan ia dilarikan ke ICU RS Xiangnan University.

Menurut dokter kondisi Zeng kritis karena menghadapi berbagai macam kerusakan organ dalam mulai dari jantung, hati, dan ginjal. Selain itu dirinya juga mengalami infeksi darah (sepsis) parah.

Zeng dirawat melewati masa kritisnya selama lima hari dengan obat antibiotik dan terapi cuci darah. Ia dilaporkan sudah membaik dengan dokter memperingatkan praktik kesehatan yang dilakukan sembarangan sangat berbahaya bisa menyebabkan kematian.

(fds/up)