Kamis, 04 Apr 2019 16:15 WIB

Perut Membesar dan Ada Kebocoran Jantung, Remaja di Sultra Butuh Bantuan

Sitti Harlina - detikHealth
Remaja ini tak bisa melanjutkan sekolah karena perutnya membesar (Foto: Sitti Harlina/detikHealth) Remaja ini tak bisa melanjutkan sekolah karena perutnya membesar (Foto: Sitti Harlina/detikHealth)
Konawe, Sultra - Adi Ardiansyah (16) warga Desa Mataiwoi, Kecamatan Amonggedo Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tidak bisa melanjutkan pendidikan pasca musibah yang menimpa dirinya pada tahun 2008 silam. Anak dari pasangan Surohim dan Soraya ini hanya bisa bermain di sekitar lingkungan rumahnya saja.

Sorohim bertutur, apa yang dialami putranya itu tidak dialami sejak lahir, melainkan pasca jatuh dari pohon saat duduk di bangku SD.

"2008 terjatuh dari pohon saat itu ia sedang bermain dengan teman-temannya hingga masuk waktu magrib. Perutnya terus bengkak bahkan alat vitalnya juga. Dari hari ke hari perutnya bengkak. Waktu jatuh dari pohon saya bawa ke rumah sakit, dirawat hingga 9 hari tidak ada perubahan, uang kami juga nyaris habis, dokter mendiagnosa jika anak kami mengalami kebocoran jantung," tuturnya, Kamis (4/4/2019).



Surohmin sehari-hari berprofesi sebagai buruh sehingga tidak bisa melanjutkan pengobatan anaknya. Penghasilan pas-pasan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pasangan ini terpaksa pasrah dengan kondisi pembengkakan pada perut putranya.

"Kalau sakitnya kambuh, saya hanya kasih vitamin saja untuk meredakan rasa nyeri di perutnya," ujarnya.

"Yah, sekarang hanya minum vitamin saja Mas. Uang sudah habis. Jual motor juga sudah saya lakukan, sapi juga sudah dijual," sambungnya.

Sebenarnya pasangan ini ingin sekali membawa buah hatinya untuk berobat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia yakin jika alat medis di sana jauh lebih maju dan ada harapan sembuh untuk anaknya. Sayangnya itu hanya menjadi cita-citakan karena terkendala biaya.

"Mudah-mudahan ada yang membantu kami, kalau pun tidak ada juga tidak apa-apa," harapnya.

(up/up)
News Feed