Selasa, 11 Jun 2019 17:56 WIB

True Story

Sedih, Ibu Ini Meninggal Usai Melahirkan Bayi Kembar

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kehamilan. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi kehamilan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sara Sewald (26) dan keluarga baru saja berbahagia usai kelahiran anak kembarnya. Namun kebahagiaan itu cepat sirna, Sara menghembuskan napas terakhir beberapa jam saja setelah momen tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Menurut keluarganya, Sara mengalami preeclampsia dan terjadi pendarahan. Sang suami, Dustin Sisneros, mengatakan ia tidak terlalu panik dan khawatir karena merasa hal tersebut normal dan terkendali.

Akan tetapi mendadak operasinya malah menimbulkan komplikasi. Sara dibawa kembali ke ICU dan harus menerima transfusi darah dan suplai oksigen, dibius dan dipersiapkan untuk dioperasi.

Selama hamil, Sara memang terdiagnosis preeclampsia, sebuah kondisi yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, protein dalam urine dan menimbulkan hipertensi gestasional. Walau hanya mempengaruhi 5-8 kehamilan, namun bisa mengakibatkan komplikasi serius apabila tidak ditangani dengan segera dan benar.


Preeclampsia yang cukup parah bisa menyebabkan sakit kepala, mata buram, ketidak mampuan melihat cahaya terang, kelelahan, mual, sedikit kencing, nyeri di perut bagian kanan atas, napas tersengal-sengal dan cenderung mudah memar. Wanita hamil yang mengalami gejala-gejala tersebut sangat disarankan untuk segera ke rumah sakit.

Disebabkan kondisi ini dapat menghambat plasenta mendapatkan cukup darah, yang bisa mengakibatkan bayi kekurangan oksigen dan makanan. Mencegah preeclampsia bisa dimulai dengan mengelola faktor risiko seperti kehamilan pertama, riwayat keluarga, hamil anak kembar, usia dan obesitas.

Kedua bayi kembar tersebut masih belum diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Dustin menyebut ia selalu menceritakan soal ibunya kepada kedua anaknya tiap kali ia menjenguk mereka.

"Tiap kali aku menemui mereka, aku katakan pada mereka bahwa ibunya mencintai mereka, kadang mereka memberiku senyum seperti menandakan dia (Sara) mengawasi kami dan ia berada di ruangan bersama kami. Sangat luar biasa. Aku yakin ingatan tentangnya akan terus hidup selamanya," pungkas Dustin.



Melihat Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/fds)