Jumat, 14 Jun 2019 16:50 WIB

Bantu Pasien Anak, Bocah 12 Tahun Ciptakan Kostum Boneka Lucu untuk Infus

Firdaus Anwar - detikHealth
Begini penampakan infus boneka beruang hasil karya Ella. (Foto: CNN) Begini penampakan infus boneka beruang hasil karya Ella. (Foto: CNN)
Jakarta - Ella Casano (12) dari Connecticut, Amerika Serikat, punya cara unik untuk menghadapi ketakutannya terhadap suntikan infus intravena. Ia membuat kostum boneka beruang khusus yang bisa dipakai untuk menyembunyikan infus.

Ella sendiri didiagnosis dengan kondisi penyakit autoimun Idiopathic Thrombocytopenia Purpura (ITP) di usia tujuh tahun. Hal ini membuatnya harus mendapatkan infus intravena rutin di rumah sakit setiap 6-8 minggu.


"Tubuh menyerang dan menghancurkan plateletnya sendiri, jadi Ella lebih berisiko mengalami perdarahan atau cedera dibandingkan orang lain pada umumnya," kata sang ibu, Meg Casano, seperti dikutip dari CNN pada Jumat (14/6/2019).

Tak ingin rasa takut menghalangi pengobatan, Ella mencari cara bagaimana caranya infus jadi tidak terlalu menakutkan. Akhirnya muncul ide untuk membuat kostum dari boneka yang bisa dipakai untuk menyembunyikan infus.

"Jadi Ella mulai memotong boneka binatang dan menggunakan lem panas membuat Medi Teddy pertamanya," kata Meg.

Bagian belakang kostum boneka yang disebut Medi Teddy memiliki kantung mes khusus untuk para perawat dan dokter mengecek kondisi pengobatan pasien. Ella membagikan beberapa boneka pada perawat yang memberi masukan agar lebih baik.


Bantu Pasien Anak, Bocah 12 Tahun Ciptakan Kostum Boneka Lucu untuk Infus
(fds/wdw)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya