Senin, 24 Jun 2019 10:42 WIB

Bangga! Ayah Buat Tato Mirip dengan Luka Operasi Jantung Anaknya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi ayah dan anak. Foto: iStock Ilustrasi ayah dan anak. Foto: iStock
Jakarta - Like father like son. Bukan anak yang mengikuti ayahnya, tapi kini Martin ingin mengikuti dan menyerupai anak laki-lakinya, Joey Watts.

Bulan lalu, Joey menjalani operasi jantung karena didiagnosis supravalvular aortic stenosis, yaitu kelainan jantung bawaan dengan penyempitan obstruktif kongenital aorta tepat di atas katup aorta dan merupakan jenis stenosis aorta kedua yang paling umum.

Ia harus menjalani operasi untuk memperlebar aortanya dan meninggalkan bekas luka sepanjang sekitar 15 cm di dadanya.



Ayahnya pun tidak tinggal diam. Martin memutuskan untuk membuat replika bekas luka yang ditato di dadanya. Ini untuk menunjukkan pada Joey bahwa ia tak perlu malu dengan lukanya itu.

Ternyata, adiknya Joey, Harley juga mengidap kondisi serupa yang kabarnya juga akan menjalani operasi dalam waktu dekat. Ibunya, Leanne cukup bangga dengan anak-anaknya yang sangat kuat itu.

"Semua pejuang ini (anak-anaknya -red) harus bangga dengan bekas luka mereka dan semua yang mereka capai dalam hidupnya," ungkap Leanne dikutip dari Daily Mail.

Tato Martin juga menjadi sebuah kampanye oleh Children's Heart Surgery Fund (CHSF) yang dikenal sebagai #ScarSelfie. #ScarSelfie merayakan pasien dengan penyakit jantung bawaan dan mendorong pasien untuk berbagi foto bekas luka mereka dengan tagar #ScarSelfie, untuk menginspirasi, mendorong, dan mencerahkan orang lain.

(wdw/up)