Senin, 22 Jul 2019 20:00 WIB

Wanita Ini Adakan Pesta Perpisahan untuk Payudaranya Sendiri

Firdaus Anwar - detikHealth
Bra dijadikan hiasan pesta perpisahan Polly dengan payudaranya. (Foto: BBC) Bra dijadikan hiasan pesta perpisahan Polly dengan payudaranya. (Foto: BBC)
Jakarta - Kalau pesta perpisahan biasa dilakukan untuk mengenang kerabat, Polly Barber dari Grimsby, Inggris, mengadakannya untuk payudara sendiri. Hal ini ia lakukan karena ingin membuang payudaranya lewat operasi mastektomi untuk mencegah risiko kanker.

Segala pernak-pernik tentang payudara mulai dari hiasan, makanan, hingga permainan menghiasi pesta yang bernuansa pink. Polly sengaja mengundang rekan kerja dan teman dekatnya untuk menjadikan pesta sebagai kesempatan mensosialisasikan tentang kanker payudara.


"Ini adalah sebuah pesta untuk mengucapkan selamat tinggal pada payudara pembunuh dan harapannya juga bisa meningkatkan kesadaran tentang bagaimana cara mengecek diri Anda sendiri dan apa yang harus dilakukan bila ada kekhawatiran," kata Polly seperti dikutip dari BBC.

Polly sendiri memutuskan untuk mengangkat payudaranya setelah melakukan cek kesehatan dan menemukan bahwa dirinya memiliki gen BRCA2 yang berhubungan dengan kanker. Ibu dan tantenya diketahui meninggal akibat kanker payudara.

Polly tak ingin hidup dalam kekhawatiran terkena kanker.Polly tak ingin hidup dalam kekhawatiran terkena kanker. (Foto: BBC)


"Saya tak ingin hidup dengan penuh kekhawatiran," ungkap Polly.

Apa yang dilakukan Polly pada dasarnya seperti dulu yang dilakukan oleh artis populer Angelina Jolie. Pada tahun 2013 lalu Angelina Jolie yang juga diketahui memiliki gen berisiko membuat dunia heboh karena dirinya dengan berani melakukan mastektomi ganda (pengangkatan dua payudara).

"Saya memutuskan untuk proaktif dan memilih meminimalisir risiko sebisa mungkin," kata Angelina Jolie kala itu.



Simak Video "Deteksi Dini Kanker Payudara, Ini Cara Mudah Lakukan SADARI"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
News Feed