Jumat, 02 Agu 2019 07:14 WIB

Di Balik Pencarian Ernald, Remaja yang Viral Jualan Nasi Uduk di Karawaci

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ernald mengaku diam saja saat divideokan, karena saat itu ia sedang bersembunyi dari kejaran sekuriti. (Foto: Tangkapan layar) Ernald mengaku diam saja saat divideokan, karena saat itu ia sedang bersembunyi dari kejaran sekuriti. (Foto: Tangkapan layar)
Tangerang - Sejak videonya jualan nasi uduk di RS Siloam Karawaci viral, Ernald jadi buruan banyak orang. Sejak itu pula, remaja 17 tahun ini makin sulit ditemui.

Faktanya, memang tidak mudah menemukan sosok viral Fernaldy Angga Wijaya, nama lengkap Ernald. Beberapa hari setelah videonya viral, detikHealth menelusur Lippo Village, lokasi yang disebut-sebut sebagai tempat Ernald berjualan.

Tini, seorang pedagang nasi uduk yang baru dua bulan berdagang di sana membenarkan memang ada anak laki-laki yang biasa menjual nasi uduk di sebelah gerbang RS Siloam. Ia memanggil Ernald 'si Gendut' dan tak pernah tahu nama aslinya. Namun sudah beberapa hari terakhir katanya Ernald tak terlihat berjualan.

Tini bercerita Ernald sudah ada di lokasi sekitar pukul 5 pagi dan kerap diusir satpam. Tini dan pedagang sekitar tak tahu menahu alamat persis rumah Ernald.

"Dia naik angkot kuning, turunnya di perempatan Cimone, Teh. Katanya rumahnya di belakang pabrik Lea," kata Tini pada detikHealth.
Dia naik angkot kuning, turunnya di perempatan Cimone, Teh. Katanya rumahnya di belakang pabrik LeaTini - Sejawat pedagang nasi uduk, rekan Ernald

Berbekal kepingan informasi tersebut, detikHealth bergerak ke perempatan Cimone. Dari jawaban warga sekitar, tak ada yang tahu soal Ernald. Pencarian dilanjutkan ke kantor Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci. Asep Zulfikar, Sekretaris Lurah Cimone, mengaku sudah melihat video yang viral namun tidak yakin anak itu tinggal di wilayahnya.

"Cimone luas, Mbak. Ada tiga kelurahan di sekitar sini. Coba dicek lagi, siapa tahu itu hanya orang iseng yang cari sensasi," kata Asep.


Ernald ditemui di rumahnya di wilayah Bugel, Karawaci.Ernald ditemui di rumahnya di wilayah Bugel, Karawaci. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth

Rupanya detikHealth tidak sendiri. Sejak video Ernald viral, banyak orang ramai-ramai mencari Ernald. Sebagian di antaranya membawa niat mulia, ingin menyalurkan donasi karena dalam video yang viral disebutkan Ernald adalah anak yatim dan ibunya sakit kanker.

Ernald akhirnya bisa ditemui di kediamannya, di Kelurahan Bugel, Karawaci. Di sana, Ernald tinggal dengan keluarganya. Sang ibu, yang disebut sakit kanker, kondisinya sehat tak kurang suatu apa. Karenanya, Ernald merasa terganggu dengan informasi yang salah tentang ibunya.

"Keberatan. Pikir aku ntar disangka orang aku ngebohong dikira nyari duit (dari ceritanya-red). Ntar disangka keluarga begitu. Padahal video itu yang ngomongnya salah," tutur Ernald.

Kerendahan hati Ernald untuk meluruskan informasi yang salah mendapat simpati banyak orang. Banyak yang mendoakan Ernald berlimpah rezeki, bisa membahagiakan keluarga dan ibunya, serta bisa mewujudkan cita-citanya.

"Pingin buka usaha, restoran gitu," kata Ernald penuh harap.

Jalan masih panjang, tetap semangat ya Ernald!

Di usia yang masih muda, Ernald harus membantu ekonomi keluarga dengan berjualan nasi uduk.Di usia yang masih muda, Ernald harus membantu ekonomi keluarga dengan berjualan nasi uduk. Foto: Nabila Ulfa Jayanti/detikHealth




Simak Video "Fakta Terkait Video Viral Anak yang Jualan di Depan RS Siloam"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)